Dark/Light Mode

Jokowi Resmikan Tzu Chi Hospital, Devisa Rp 170 Triliun Jangan Melayang Lagi

Rabu, 14 Juni 2023 14:58 WIB
Jokowi Resmikan Tzu Chi Hospital, Devisa Rp 170 Triliun Jangan Melayang Lagi

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, Rabu (14/6) siang.

Rumah sakit berkapasitas 576 kamar yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta peralatan yang modern dan canggih ini, diharapkan dapat menekan jumlah WNI yang berobat ke luar negeri.

Baca juga : Raup Investasi Rp 12 Triliun, Buka Ribuan Lapangan Kerja

"Saya tadi barusan berkeliling untuk melihat fasilitas penanganan pasien. Baik yang berkaitan dengan kanker, baik yang berkaitan dengan thalasemia, baik yang berkaitan dengan sumsum. Semuanya saya lihat peralatan, sarana prasarana, semuanya sangat modern,” ujar Presiden.

Jokowi menuturkan, setiap tahunnya, jumlah WNI yang berobat ke luar negeri mencapai 1 juta orang.

Baca juga : Jokowi Perintahkan Pemda Jambi Rutin Cek Harga Pangan Di Pasar

Ini membuat Indonesia kehilangan devisa 11,5 miliar dolar AS, Rp 170 triliun melayang, gara-gara berobat ke luar negeri.

Presiden meyakini, kualitas dokter di Tanah Air tak kalah saing dengan dokter yang ada di negara lain, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan Jepang.

Baca juga : Jubir Kemenkeu: Utang Pemerintah Rp 17.500 Triliun? Bombastis dan Menyesatkan!!

Ditambah lagi, Tzu Chi Hospital sudah dilengkapi dengan perlengkapan canggih.

"Semoga, ini bisa membuat kita bersaing dan mendorong masyarakat kita berobat di dalam negeri. Jangan kita kehilangan Rp 170 triliun per tahun di urusan sakit saja,” tandas Jokowi, yang dalam kesempatan ini didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertahanan Prbaowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Pj. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.