Dark/Light Mode

Dukung UMKM Nasional, Pupuk Indonesia Gelar PaDi UMKM Expo 2023

Sabtu, 17 Juni 2023 16:20 WIB
Pupuk Indonesia mendukung PaDi UMKM Expo 2023. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)
Pupuk Indonesia mendukung PaDi UMKM Expo 2023. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)

 Sebelumnya 
 Selain menjadi upaya pengembangan UMKM nasional, program kolaborasi Kementerian BUMN dengan perusahaan BUMN dengan nilai transaksi yang besar.

Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Hattari mengaku, bahwa nilai transaksi belanja produk dalam negeri BUMN melalui pasar digital sebesar Rp 28 triliun dari total transaksi senilai Rp 550 triliun pada tahun 2022.

“Dari nilai realisasi belanja Rp 550 triliun di tahun 2022, sekitar Rp 28 triliunnya itu produk UMKM yang dibeli dari platform PaDi UMKM. Ini membuktikan bahwa BUMN kita aktif membeli produk UMKM,” ungkap Rabin.

Melihat data realisasi belanja produk dalam negeri BUMN yang tinggi, Rabin mengapresiasi langkah PT Pupuk Indonesia (Persero), dengan holding PT Perkebunan Nusantara III yang telah menyelenggarakan PaDi UMKM Expo tahun 2023.

Baca juga : Dorong Partisipasi Perempuan Di Industri, Tokopedia Gelar Start Women In Tech

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting menambahkan, PaDi UMKM Expo menjadi upaya Pemerintah mengembangkan pelaku UMKM nasional dengan menyediakan akses pasar yang baru.

Pasalnya, sampai saat ini telah ada 95 perusahaan BUMN dan anak perusahaannya yang telah mengimplementasikan PaDi UMKM, dengan kurang lebih 8.000 buyer yang memiliki kewenangan untuk melakukan transaksi belanja di marketplace PaDi UMKM.

Ia berharap, hal ini juga dapat membawa optimisme perusahaan, termasuk para UMKM, bahwa BUMN siap menyerap produk-produk UMKM sesuai dengan kebutuhannya.

"Kami juga terus mendorong penggunaan PaDi UMKM oleh retail dari masyarakat terutama yang berasal dari karyawan BUMN maupun Kementerian BUMN,” kata Loto.

Baca juga : Gagal Di Indonesia, The Daddies Fokus Canada Open 2023

Loto melaporkan, pelaksanaan PaDi UMKM Expo telah berhasil mengembangkan serta memperluas pasar pelaku UMKM nasional.

Dia mencontohkan, seperti pelaksanaan expo perdana pada tahun 2021, terdapat 1.144 transaksi senilai Rp 1,6 miliar. Pada expo kedua, nilai transaksi meningkat menjadi 2.442 transaksi dengan nilai Rp 12,5 miliar.

Selain itu, nilai transaksi meningkat kembali pada expo ketiga di tahun 2022, di mana terdapat 4.774 transaksi dengan nilai Rp 15,8 miliar.

Bahkan, pada PaDi UMKM ke-4 ini diikuti oleh 201 UMKM secara offline dari 597 UMKM, yang berpartisipasi dan diharapkan agar total transaksi dan omzet pada PaDI UMKM Expo kali ini meningkat.

Baca juga : Hari UMKM Nasional, Kemenkop UKM Siap Bawa Model UMKM Masa Depan

"Konsep PaDi UMKM ke-4 ini mengusung konsep department store dalam pelaksanaan offline-nya. PaDi UMKM Expo diharapkan, dapat menjadi solusi bagi keluhan UMKM perihal pemasaran produk UMKM yang terbatas,” ujar Loto.

PaDi UMKM Expo 2023 ini diikuti sebanyak 597 UMKM yang tercatat sebagai mitra binaan dari Kementerian Koperasi dan UKM, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Bhayangkari, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, termasuk Rumah BUMN binaan Pupuk Indonesia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.