Dark/Light Mode

Coca-Cola Luncurkan Kemasan Dari Botol 100 Persen Daur Ulang

Minggu, 18 Juni 2023 09:02 WIB
Coca-Cola Indonesia  meuncurkan kemasan dari botol 100 persen daur ulang. (Foto: Dok Coca-Cola Indonesia)
Coca-Cola Indonesia meuncurkan kemasan dari botol 100 persen daur ulang. (Foto: Dok Coca-Cola Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Coca-Cola Indonesia meluncurkan 100 persen plastik PET daur ulang (rPET), tidak termasuk tutup dan label yang pertama untuk produk minuman perusahaan di Indonesia.

Kemasan rPET tersedia untuk merek Coca-Cola Trademark, Fanta, Sprite dalam kemasan 390 mililiter dan Sprite Waterlymon dalam kemasan 425 mililiter.

"Kami menyatakan bahwa satu dari setiap tiga botol yang ada di pasar Indonesia sekarang terbuat dari 100 persen plastik rPET. Dibuat secara lokal di Amandina Bumi Nusantara, pabrik daur ulang yang didirikan oleh mitra pembotolan kami Coca-Cola Europacific Partners Indonesia bersama Dynapack Asia," ungkap Presiden Direktur Coca-Cola Indonesia Julio Lopez dalam keterangannya, Sabtu (17/6).

 The Coca-Cola Company saat ini menawarkan setidaknya satu merek yang terbuat dari 100 persen rPET (daur ulang) di lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

Botol 100 persen rPET Coca-Cola mempertahankan standar kualitas tinggi yang biasa diharapkan oleh konsumen dari perusahaan, serta keamanan kemasan plastik rPET yang sesuai dengan peraturan Indonesia dan standar global The Coca-Cola Company yang ketat untuk kemasan rPET food grade.

Baca juga : Berikan Pelayanan Dan Kepuasan Terbaik, Modal Penting Gaet Pelanggan

Dengan diperkenalkannya botol yang terbuat dari 100 persen rPET baru, Coca-Cola memberikan kontribusi besar terhadap tujuan ini di Indonesia dengan mengurangi ketergantungan pada plastik baru dan menurunkan emisi karbon dalam proses produksi.

"Di Coca-Cola, kami menyadari urgensi dan kompleksitas tantangan sampah plastik di Indonesia. Tidak ada entitas tunggal yang dapat mengatasi tantangan ini sendirian," jelas Lopez.

Lopez mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menawarkan desain kemasan, pengumpulan, dan sistem daur ulang yang inovatif serta menjalin aliansi strategis dengan para pemangku kepentingan, termasuk lembaga pemerintah, mitra industri, dan organisasi lokal untuk mendorong ekonomi sirkular di Indonesia.

"Botol kami memiliki nilai lebih dari penggunaan pertama karena dapat digunakan berulang kali, sehingga membantu mendukung ekonomi sirkular loop tertutup,” tambah Lopez.

Tonggak penting dari Coca-Cola di Indonesia dalam menghidupkan ekonomi sirkular loop tertutup ini menggarisbawahi komitmen perusahaan terhadap visi World Without Waste. 

Baca juga : Zulkifli Hasan Belum 100 Persen Ke Ganjar

Hal ini mencakup tujuan untuk menggunakan setidaknya 50 persen plastik daur ulang dalam kemasannya pada 2030, dan ambisi untuk membantu mengumpulkan setara dengan setiap kaleng dan botol yang dijual pada 2030.

Melalui usaha patungan lokal dan perjanjian pemasok jangka panjang, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia melakukan investasi strategis untuk meningkatkan kapasitas daur ulang di Indonesia, membuka pasokan plastik daur ulang, dan meningkatkan teknologi baru.

Botol 100 persen rPET Coca-Cola diproduksi di fasilitas daur ulang baru di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Amandina Bumi Nusantara, yang didirikan dalam kemitraan antara Coca-Cola Europacific Partner Indonesia dan Dynapack Asia.

Fasilitas canggih ini memproses botol PET bekas pakai (pascakonsumsi) yang bersumber dari pasokan lokal dan mengubahnya menjadi botol baru untuk merek Coca-Cola.

Pabrik daur ulang ini juga berkolaborasi dengan Mahija Parahita Nusantara, yayasan sosial nirlaba yang didirikan oleh kedua organisasi tersebut.

Baca juga : Industri AMDK Didorong Gunakan Kemasan Daur Ulang

"Komitmen ini sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah sebesar 30 persen dan mengurangi sampah laut sebesar 70 persen pada 2025 dalam mengatasi polusi plastik," ujar Presiden Direktur Coca-Cola Europacific Partners Indonesia dan Papua Nugini Navi Selga.

Untuk merayakan peluncuran, Coca-Cola sempat mengajak masyarakat ikut berkampanye #JagaIndonesia.

Acara ini menampilkan rangkaian kegiatan seperti Video 360° yang menampilkan perjalanan "Bottle to Bottle" di ruangan yang imersif, Talkshow, dan konser #JagaIndonesia, dengan pertunjukan live oleh artis terkenal, RAN dan Padi Reborn. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.