Dark/Light Mode

Berikan Pelayanan Dan Kepuasan Terbaik, Modal Penting Gaet Pelanggan

Sabtu, 17 Juni 2023 16:41 WIB
Penulis buku The Power of Ultimate Service, Iin Supriyatin Ramli (berhijab) saat memberikan tips kepada pelaku industri tata cara memberikan pelayanan tingkat tinggi terhadap konsumen, di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (17/6). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)
Penulis buku The Power of Ultimate Service, Iin Supriyatin Ramli (berhijab) saat memberikan tips kepada pelaku industri tata cara memberikan pelayanan tingkat tinggi terhadap konsumen, di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (17/6). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Industri bisnis dituntut harus memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen. Bukan cuma salam, senyum dan sapa (3S), tapi pelaku industri juga membutuhkan energi lebih dengan cara mentransfer kebahagiaan kepada konsumen.

Hal itu disampaikan Konsultan Pelayanan dan Trainer Profesional, Iin Supriyatin Ramli saat me-launching bukunya yang berjudul "The Power of Ultimate Service Culture" di Gramedia Matraman, Jakarta, Sabtu (17/6).

Buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama ini berisi segala informasi yang dibutuhkan para pemilik usaha, maupun karyawan yang ingin memberikan pelayanan pelanggan dengan kualitas tertinggi.

Baca juga : GMP Disambut Positif Pelaku UMKM Di Cianjur

"Ultimate ini berbeda dengan excellence, ultimate satu tingkat di atasnya. Jadi tidak cuma kepuasaan saja yang didapat, tapi juga bagaimana mendapat respon positif dari customer," ujar Iin di Jakarta, Sabtu (17/6).

Iin bilang, memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen merupakan poin utama yang dikedepankan industri. Namun, bagaimana hasilnya, dijelaskan wanita kelahiran Bandung, Jawa Barat itu tergantung konsumen.

"Kalau respon customer positif, tentu akan meningkatkan bisnis perusahaan. Customer merasa rindu, yang ujungnya kemudian menjadi mereka setia dan enggan berpindah ke tempat lain," tambahnya.

Baca juga : Erick: Selamat Datang Timnas Argentina!

Dia berharap buku yang ditulisnya ini bermanfaat bagi orang banyak. Khususnya pelaku industri yang sehari-harinya berhubungan erat dengan konsumen.

"Bukan hanya keuntungan finansial saja, tapi sebenarnya setiap kali buku ini terjual akan disumbangkan kepada orang-orang di sekitar. Bahkan ada sebagian yang ditujukan untuk mengumrohkan orang. Semakin banyak terjual, maka semakin banyak yang diumrohkan," tutur dia.

Iin berharap dengan peluncuran buku ini bisa membantu Pemerintah mewujudkan Indonesia menjadi negara maju.

Baca juga : Srikandi Ganjar Ajarkan Warga Sumut Bikin Kue Dangai

"Tujuan utamanya mewujudkan Indonesia melayani. Jadi kalau setiap orang Indonesia bisa melayani, bisa bertegur sapa, saling menunjukan keramahan, saling senyum, itu tentu akan mempermudah cita-cita kita menjadi negara maju," harap Iin.

Sekadar informasi, Iin Supriyatin Ramli memupuk passion dan kecintaan terhadap dunia pelayanan dengan membangun konsep Ultimate Service untuk membangun engaging customer di berbagai industri, termasuk lembaga pemerintahan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.