Dark/Light Mode

Ganjar Wujudkan Keinginan Siswa SD Di Republik Anak Kenalan Magelang

Senin, 8 Mei 2023 15:48 WIB
 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendapat hadiah dari siswa-siswi di SD Kanisius Kenalan yang berlokasi di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (8/5) pagi. (Foto: Ist)
 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendapat hadiah dari siswa-siswi di SD Kanisius Kenalan yang berlokasi di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (8/5) pagi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendapat hadiah dari siswa-siswi di SD Kanisius Kenalan yang berlokasi di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (8/5) pagi.

Pasalnya, Ganjar dikirimkan surat oleh tiga siswa SD Kanisius Kenalan bernama Maria Gita, Maria Alena dan Vinsensia Love. Para siswa menyebut sekolah mereka dengan Republik Anak Kenalan (RAK).

"Menarik ya karena suratnya itu dikirim ke saya, jadi mereka kirim surat ke saya untuk menunjukkan dari tiga anak ini meminta 'Pak Gubernur datang dong ke sekolah saya' ke Republik Anak Kenalan," ujar Ganjar di SD Kanisius Kenalan.

Ganjar menjelaskan, ketiga anak mengirimkan surat yang berisi tentang perkenalan sekolah mereka dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di luar sekolah.

Baca juga : Anies Lanjutkan Safari Politik Pertengahan Mei Mendatang

Di sana, para siswa tak hanya belajar pendidikan formal saja, tetapi juga diajarkan tentang tilik belik (sumber mata air), sobowono (jelajah alam), tospo (tengok orang sakit dan jompo), mider kutha (jelajah wisata) dan remen peken (suka pasar).

Ganjar menyebutkan, program-program yang dibuat tersebut sangat bagus untuk diperkenalkan kepada para siswa sejak dini. Ganjar pun mendorong pihak sekolah untuk melanjutkan dan memantapkan program itu.

"Memperkenalkan sekolahnya bahwa kegiatannya menarik. Ada acara tilik belik atau menengok sumber mata air, jadi anak-anak sudah diajarkan sejak kecil mau mengerti kondisi lingkungan, wabil khusus mata air sebagai sumber kehidupan," ucap Ganjar.

Menurut Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, sekolah dasar yang dibangun sejak tahun 1930 silam itu telah menerapkan banyak ajaran dan nilai kebangsaan kepada para siswa.

Baca juga : Orangtua Berperan Penting Dampingi Anak Jalani Masa Pubertas

Contohnya, kata Ganjar, nilai kepribadian dalam kebudayaan seperti yang diajarkan Bapak Proklamator Indonesia, Bung Karno.

"Kalau Bung Karno bilang kepribadian dalam kebudayaan. Jadi kita punya kebudayaan yang unggul, bagaimana manusia saling menghormati antar sesama, menghormati yang lebih tua dan itu dikenalkan sejak dini," ucap Ganjar.

Sementara itu, Maria Gita, salah satu siswa SD Kanisius Kenalan kelas 6 yang menulis surat ke Ganjar mengungkapkan kebahagiannya lantaran suratnya dibaca langsung oleh Ganjar.

Gita mengaku mengidolakan sosok Ganjar yang gemar menyapa anak-anak dan dekat dengan seluruh kalangan masyarakat.

Baca juga : Usbat Ganjar Adakan Pentas Seni Ramadan Bareng Remaja Masjid Di Deli Serdang

"Saya itu senang dan ngefans sama Pak Ganjar karena sifatnya Pak Ganjar yang senang kalau sama anak-anak dan Pak Ganjar juga suka membantu masyarakat," ungkap Gita.

Dia pun tak menyangka orang nomor satu di Jawa Tengah itu datang langsung ke sekolahannya dan menemui Republik Anak Kenalan.

Pada kesempatan itu, Gita juga dihadiahi satu buah handphone dari Ganjar yang nantinya akan digunakan untuk keperluan pembelajaran.

"Senang sekali, tidak menyangka kalau Pak Gubernur bisa ke sini langsung. Senang juga, nanti bakal digunain buat belajar," jelas Gita.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.