Dark/Light Mode

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PHR Jaga Ekosistem Pantai Di Pesisir Riau

Selasa, 20 Juni 2023 23:59 WIB
Kolaborasi PHR WK Rokan dan KPI Dumai membersihkan Pantai dari sampah-sampah plastik. (Dok. PHR WK Rokan)
Kolaborasi PHR WK Rokan dan KPI Dumai membersihkan Pantai dari sampah-sampah plastik. (Dok. PHR WK Rokan)

 Sebelumnya 
Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas (Kadis) LHK Riau Mamun Murod, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi PHR WK Rokan bersama KPI Dumai dalam pelaksanaan gerakan cinta lingkungan tersebut.

"Kegiatan seperti ini perlu terus dikembangkan, ini merupakan bentuk komitmen kita bersama untuk kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, karena itu membutuhkan peran serta seluruh elemen. Secara bertahap, ini akan menghasilkan nilai positif yang kita harapkan bersama," ujarnya.

Selaras dengan ini, menurut Murod, ekosistem dan SDA perlu dikelola dengan baik sehingga lingkungan menjadi lebih baik, dan tentunya peningkatan untuk ekonomi bagi masyarakat.

Baca juga : Sekjen LHK Siap Wujudkan RI Jadi Negara Maju Di 2045

Selaras dengan target Pemprov Riau untuk menciptakan Riau Hijau.

Dalam acara tersebut, turut hadir VP Production dan Planning KPI Dumai, Permono Avianto, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Mamun Murod, Walikota Dumai diwakili Sekda, H. Indra Gunawan, Dinas LHK Dumai dan para pemangku kepentingan lainnya. Dari kegiatan tersebut, terkumpul sampah seberat 2.375 kg, dengan komposisi sampah organik, dan anorganik.

Sampah tersebut akan dikirim ke TPA Mekar Sari Dumai. Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di 135 titik lokasi dengan estimasi peserta hingga 21.324 orang.

Baca juga : Peringati Hari Lingkungan Sedunia, Pertamina Group Gelar Aksi Lingkungan

Pada pembukaan acara tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyapa para peserta yang melaksanakan kegiatan ICCU ini di berbagai daerah.

Selain Program ICCU ini, PHR WK Rokan juga melaksanakan berbagai rangkaian aksi peduli lingkungan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, di antaranya uji emisi kendaraan bermotor, penanaman pohon serentak dan sepeda santai di duri dan rumbai.

Secara bersamaan, PHR WK Rokan juga menggelar Lomba Kreasi Pemanfaatan Sampah Domestik, hingga Webinar Pengelolaan Sampah yang menghadirkan narasumber dari DLHK Riau, Dwi Yana, dan Local Hero PHR di bidang lingkungan, Lambas Hutabarat.

Baca juga : Peringati HLH Sedunia, KLHK Gelar Aksi Bersih Pantai Di 135 Titik Seluruh Indonesia

Melalui kegiatan juga turut mendukung dalam pencapaian (Sustainable Development Goals) SDG's pada aspek lingkungan yakni nomor 13 mengenai penanganan perubahan iklim, SDG's nomor 14 perihal menjaga ekosistem laut dan SDG's 15 menjaga ekosistem daratan.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu wujud nyata PHR WK Rokan dalam mendukung kebijakan ESG Pertamina untuk menjadi Perusahaan Ramah Lingkungan dengan mendukung agenda transisi iklim nasional, serta bertanggung jawab dalam mengatasi masalah perubahan iklim.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.