Dark/Light Mode

Skema Sewa Beli, Solusi Milenial Punya Rumah

Jumat, 23 Juni 2023 19:22 WIB
Diskusi media bertajuk Skema Sewa Beli, Solusi Milenial Punya Rumah yang diselenggarakan Indonesia Housing Creative Forum bekerjasama dengan Real Estate Editors Community RE2C di Jakarta, (Kamis 22/6). (Foto: Istimewa)
Diskusi media bertajuk Skema Sewa Beli, Solusi Milenial Punya Rumah yang diselenggarakan Indonesia Housing Creative Forum bekerjasama dengan Real Estate Editors Community RE2C di Jakarta, (Kamis 22/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga kini masih menggodok skema pembiayaan sewa-beli atau rent to own (RTO).

Pembahasannya masih terkendala sejumlah persoalan, salah satunya menyangkut siapa agregator atau entitas “penjamin” dari aset hunian yang disewa-belikan.

Baca juga : Erika Carlina, Mirip Flora Di Dunia Nyata

Agregator akan bertindak sebagai pihak yang memiliki aset dan menghubungkan penyewa kepada lembaga keuangan yang memiliki produk pembiayaan sewa-beli.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Haryo Bekti Martoyoedo dari sisi skema sebenarnya skim sewa-beli sudah ada.

Baca juga : Lawan Argentina, STY Puji Mental Tempur Asnawi Cs

"Bahkan sudah ada bank dan lembaga keuangan pembiayaan yang menerapkan skema tersebut dengan menyasar segmen pasar komersial atau di atas Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Tetapi dari pilot project yang sudah dilakukan, ungkapnya, masih perlu dikaji," ujar Haryo.

Haryo mengatakan, dalam kajiannya pihaknya  melibatkan seluruh stakeholder termasuk perbankan dan pengembang.

Baca juga : Miing Gembleng Bacalegnya Gelora

Hal ini dibahas pada diskusi media bertajuk “Skema Sewa Beli, Solusi Milenial Punya Rumah” yang diselenggarakan Indonesia Housing Creative Forum bekerjasama dengan Real Estate Editors Community (RE2C) di Jakarta, Kamis (22/6).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.