Dark/Light Mode

FIFA Matchday

Lawan Argentina, STY Puji Mental Tempur Asnawi Cs

Selasa, 20 Juni 2023 07:34 WIB
Pelatih Shin Tae-yong memberi instruksi dari luar lapangan saat laga awan Argentina. (Foto : PSSI)
Pelatih Shin Tae-yong memberi instruksi dari luar lapangan saat laga awan Argentina. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mental tempur skuad Indonesia saat melawan Argentina pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6) mendapat sanjungan dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

"Memang iya Argentina memiliki permainan yang sangat baik, tetapi secara mental para pemain Timnas Indonesia tidak kalah jauh," kata Shin Tae-yong usai laga lawan Argentina, Senin (19/6) malam.

Pelatih asal Korea Selatan ini berharap duel lawan juara Piala Dunia menjadi pengalaman dan bekal para pemain Indonesia berlaga di pentas internasional.

Baca juga : Timnas 0-2 Argentina, Erick: Sepakbola Indonesia Bangun Dari Tidur

Pasalnya, skuad Garuda sudah ditunggu dua agenda penting, yaitu babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober nanti dan putaran final Piala Asia 2023 di Qatar yang dilangsungkan pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

"Dengan pengalaman seperti ini, bagus sekali sebagai motivasi bagi pemain ke depannya untuk berkembang. Saya mengucapkan terima kasih (ke PSSI) karena sudah mengundang Argentina," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2 oleh gol Leandro Paredes (38') dan Cristian Romero (55'). Namun Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan mampu memberikan perlawanan.

Baca juga : Magnetnya Kuat, Laga Indonesia Vs Argentina Ramai Diberitakan Media Asing

Setidaknya ada dua momen ketika Timnas Indonesia memberikan ancaman ke gawang Argentina. Pertama lewat sambaran Ivar Jenner yang ditepis Emiliano Martinez.

Kiper Aston Villa itu kembali melakukan penyelamatan di awal babak kedua. Sundulan Elkan Baggott memanfaatkan lemparan jarak jauh Pratama Arhan digagalkan Martinez sambil menjatuhkan badan.

Pada sisi lain, lini belakang Timnas Indonesia tampil sangat solid. Elkan Baggott dan Rizky Ridho yang bertugas sebagai bek tengah mampu menahan gempuran serangan dari Argentina.

Baca juga : Indonesia Vs Argentina, Rafael Struick Gugup

Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama, dan Pratama Arhan yang berada di kedua sisi sayap Timnas Indonesia juga berjibaku menghalau setiap upaya serangan yang dilakukan Julian Alvarez dkk.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.