Dark/Light Mode

Hadapi Sejumlah Tantangan, Keberadaan BPR Masih Jadi Andalan UMKM Tanah Air

Sabtu, 24 Juni 2023 14:30 WIB
Bank Perkreditan Rakyat masih menjadi andalan UMKM. (Foto: Ilutrasi Istimewa)
Bank Perkreditan Rakyat masih menjadi andalan UMKM. (Foto: Ilutrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Tanah Air masih diselimuti oleh berbagai tantangan. Sejumlah persoalan, yang berasal dari internal maupun eksternal masih menghantui industri BPR. Mulai dari infrastruktur di daerah, teknologi hingga permodalan.

Meski begitu, Ketua Umum Perhimpunan BPR Indonesia (Perbarindo) Tedy Alamsyah mengatakan, industri BPR memang memiliki peran vital untuk pengembangan perekonomian masyarakat rural di Indonesia.

Baca juga : 100 Ribu Kader Banteng Kumpul, Gelora Bung Karno Jadi Lautan Merah

Sektor usaha kecil dan menengah atau UMKM misalnya, bisa ditopang permodalannya melalui kehadiran BPR ini.

“Sejumlah tantangan yang masih menyelimuti antara lain dari nasabah, regulasi, adanya kompetisi, serta risiko terkait dengan IT. Sementara dari sisi internal, ada tantangan permodalan, pengembangan teknologi, kuantitas dan kualitas SDM terbatas, serta penerapan GCG dan manajemen risiko yang belum optimal,” katanya dalam seminar bertajuk ‘Sinergi Bank Umum dan BPR Dalam Digitalisasi Layanan Perbankan' yang digelar The Finance, Jumat (23/6).

Baca juga : PKS Siap Pertahankan Depok

Sementara dari sisi nasabah, pengetahuan terkait produk keuangan, khususnya di daerah, masih banyak yang belum memadai. Kondisi ini juga diperparah dengan adanya keterbatasan pengetahuan terkait teknologi digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.