Dark/Light Mode

100 Ribu Kader Banteng Kumpul, Gelora Bung Karno Jadi Lautan Merah

Sabtu, 24 Juni 2023 08:08 WIB
Para kader PDIP dari seluruh Indonesia, termasuk organisasi sayap Banteng, melakukan gladi bersih acara puncak peringatan Bulan Bung Karno BBK 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno GBK Senayan, Jakarta, Jumat (23/6). (Foto: Istimewa)
Para kader PDIP dari seluruh Indonesia, termasuk organisasi sayap Banteng, melakukan gladi bersih acara puncak peringatan Bulan Bung Karno BBK 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno GBK Senayan, Jakarta, Jumat (23/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP menggelar puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, hari ini. Kegiatan ini akan diikuti 100 ribu kader banteng dari seluruh Indonesia. Dengan jumlah sebanyak ini, GBK pun akan menjadi “lautan” merah.

Sehari sebelum acara puncak digelar, kemarin dilakukan gladi bersih. Ketua DPP PDIP Puan Maharani datang langsung meninjau langsung proses ini. Puan datang ditemani sejumlah elite PDIP, seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, dan Guruh Soekarnoputra.

Mereka tiba di GBK sekitar 13.00 WIB. Puan yang mengenakan outfit berwarna biru dongker memimpin perjalanan bersama Guruh menuju podium utama acara. Di sana, Puan disambut aksi baris berbaris ribuan anggota Satgas Cakra Buana PDIP yang kompak mengenakan seragam hitam dihiasi caping berwarna merah.

Setelah itu, Hasto mengambil alih proses gladi bersih terakhir. Sesekali terdengar suara Hasto memberi arahan menggunakan pengeras suara kepada Satgas Cakra Buana. Tujuannya demi kerapian barisan.

Baca juga : Ganjar Dinobatkan Jadi Mentor Pembangunan Daerah

Ribuan anggota Satgas Cakra Buana terlihat kompak mengikuti arahan peraih gelar doktor pertahanan dari Universitas Pertahanan itu. Pembawa acara puncak BBK lantas memulai proses gladi bersih.

Usai memastikan semuanya terkendali, Puan mengajak ribuan penari dan Satgas Cakra Buana untuk menjaga kekompakan saat menyampaikan Salam Pancasila. Salam Pancasila itu akan disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam puncak BBK. Semua yang hadir, kata Puan, harus menjawab dengan ucapan "Salam Pancasila, Merdeka, Merdeka, Merdeka! "Nanti akan dilatih bagaimana kita menyambung atau menjawab kalau ada yang menyampaikan salam Pancasila," ucap Puan.

Putri Megawati ini lalu mengajak para penari dan Satgas Cakra Buana mencoba memperagakan jawaban Salam Pancasila. "Sekarang kita coba ya. Kita tunjukkan kita bisa, kita mampu. Dan kita gebrak GBK besok," jelas Ketua DPR itu, yang langsung disambut dengan semangat oleh para penari dan satgas yang hadir.

"Siap ya! Kalau Mbak Puan bilang ‘Salam Pancasila’, semua gebrakkan kaki, tangan di atas, ‘Salam Pancasila, Merdeka, Merdeka, Merdeka!" ucap Puan, mencontohkan.

Baca juga : Perindo Sambangi Kandang Banteng, Hasto Beri Pantun Hary Tanoe

Sebelum praktik, Puan meminta para peserta gladi bersih duduk di posisi masing-masing dengan rapi. Hal ini untuk menunjukkan kedisiplinan dan tetap di posisi masing-masing saat Mega menyampaikan pidato di puncak BBK nanti.

"Kalau Ibu Ketua Umum mengatakan ‘Salam Pancasila’, semua pada posisi. Ayo siap mulai, ‘Salam Pancasila’!" seru Puan. Para peserta gladi bersih pun menjawab, "Salam Pancasila, Merdeka! Merdeka! Merdeka!"

Puan menyampaikan terima kasih kepada para peserta puncak peringatan BBK 2023. "Kita lihat semangat yang sangat membara dari seluruh penari, Satgas, dan yang ada di GBK ini. Apresiasi sangat besar terima kasih dari saya, dan dari Ibu Ketua Umum, kepada kader PDIP se-Indonesia yang akan hadir hingga selesai acara," ungkap Puan.

Di penghujung proses gladi bersih, Puan membakar semangat para kader PDIP untuk menggebrak GBK. "Kita buktikan kita bisa. Kita gebrak GBK besok," tegas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu.

Baca juga : Puan Minta Kader Banteng Kerja Bareng Rakyat Menangkan Ganjar

Usai gladi bersih, Hasto menjelaskan mengenai tokoh yang akan hadir di puncak BBK 2023. Kata Hasto, selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju sudah konfirmasi akan menghadiri kegiatan ini. Selain ini, beberapa ketua umum parpol juga akan datang.

Hasto mengaku sudah menghadap Jokowi untuk menyampaikan kegiatan puncak BBK ini. "Beliau pun berkenan memberikan sambutan di dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno," terangnya.

Hasto melanjutkan, para kader banteng dari daerah akan berdatangan mulai pukul 10.00 WIB. “Kemudian ada acara-acara hiburan dari seniman Nusantara PDIP. Diharapkan pukul 13.00 WIB seluruh peserta sudah siap untuk mengikuti protokol partai," ucapnya.

Sejumlah rangkaian acara disiapkan sedemikian rupa. Mulai dari penampilan Satgas partai hingga tari pembuka. "Para relawan yang mendukung Pak Ganjar, relawan Pak Jokowi itu juga kami undang dan pimpinan-pimpinannya sudah menyatakan untuk hadir dan jumlahnya fantastis," tutur Hasto.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.