Dark/Light Mode

Dukungan Untuk Jokowi Ambil Alih Saham Vale Trending Di Twitter

Jumat, 7 Juli 2023 10:39 WIB
Ilustrasi Vale Indonesia. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Vale Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meneruskan perjuangan meraih kembali hak atas pengelolaan bahan tambang dan mineral yang saat ini masih dikuasai oleh Vale Canada, melalui perusahaan anak PT Vale Indonesia (Terbuka) atau yang dikenal di pasar saham dengan kode INCO terus menggema.

Dukungan terpantau muncul Trending Topic di platform media sosial Twitter dengan Thread #BarengJokowiAmbilVale pada Rabu (5 Juli 2023).

Baca juga : Biden Sebut Xi Jinping Diktator

Thread tersebut bertahan di puncak Trending Topic Twitter setidaknya selama 2 jam. Trending ini muncul setelah pemilik akun @mochamadarip mulai mengundang diskusi perkara pengambilalihan kedaulatan pengelolaan tambang mineral penting di Indonesia oleh pemerintah.

“Diambil alihnya perusahaan tambang Vale, Indonesia bisa meraup keuntungan yang maksimal dari tambang sendiri. Perlu diketahui, tahun 2022 Vale meraup laba bersih senilai US 200,32 juta dolar AS. Naik 19,80 persem dari laba bersih pada tahun 2021 sebesar 167,20 juta dolar AS,” tulis @mochamadarip terkait argumen soal urgensi pengambilalihan tambang Vale yang dikutip, Jumat (7/7).

Baca juga : Dukung Ekonomi Digital, Alibaba Could Mantap Berinvestasi Di Indonesia

“Akankan Tambang PT Vale Kembali ke Pangkuan Negara? Rakyat Indonesia harus tau, kenapa mafia tambang pengen banget pak Jokowi dilengserkan,” sambungnya.

Benar saja, banyak yang penasaran, sehingga 100 retweet sangat cepat tercapai. Sehingga akun @mochamadarip meneruskan pembahasannya, lebih dalam lagi. Berikut beberapa poin penting yang diungkapkan akun ini.

Baca juga : Tampil Keren Di Laga Lawan Argentina, Asnawi Jadi Trending Topic Twitter

“Bukan cuma mafia tambang di Indonesia. Uni Eropa dan US pun dibuat ketar ketir sama kebijaksanaan pak Jokowi terkait rencana pengambilalihan saham tambang nikel Vale Indonesia (INCO) atau Vale agar kembali ke pangkuan Negara,” tulisnya.

Dia menambahkan, seluruh lapisan bangsa saat ini satu suara ingin perusahaan tambang nikel Vale kembali ke Negara. Bahkan banyak Anggota Komisi VII DPR juga mendesak Pemerintah segara mengambil kembali tambang nikel Vale yang sudah beroperasi 50 tahun lebih di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.