Dark/Light Mode

CIMB Niaga Patok Pertumbuhan Double Digit Kredit UMKM Tahun Ini

Senin, 10 Juli 2023 17:52 WIB
Media Gathering Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang digelar CIMB Niaga di Jakarta, Senin (10/7). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)
Media Gathering Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang digelar CIMB Niaga di Jakarta, Senin (10/7). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga menargetkan hingga akhir tahun bisa menyalurkan kredit ke sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tumbuh double digit atau sebesar 15-20 persen.

Hingga kuartal I-2023, tercatat penyaluran kredit UKM CIMB Niaga sebesar 8 persen secara year on year (yoy).

Baca juga : AEBF 2023 Percepat Koneksi Energi Untuk Pertumbuhan Sektor Energi di ASEAN

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan, pencapaian kredit UKM di awal tahun cenderung masih melambat. Namun diprerkirakan menjelang semester II-2023 akan tumbuh lebih kencang. Terutama didukung oleh pergerakan ekonomi jelang Pemilu 2024.

“Optimis kredit UMKM bisa tercapai 15 hingga 20 persen di akhir tahun ini. Awal semester masih slow, tapi akan terus naik ke depannya. Begitu juga portofolio kredit UKM terhadap seluruh total kredit mendekat angka 20 persen, dan diperkirakan akan terus naik,” ujarnya dalam Media Gathering Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Jakarta, Senin (10/7).

Baca juga : Bahana TCW Optimis Pertumbuhan Kredit 10 Persen Tahun Ini Tercapai

Sementara dari sisi kualitas kredit, Tony mengatakan, Non Performing Loan (NPL) kredit UKM pun masih sangat terjaga di angka single digit.

Pasca pandemi Covid-19, banyak nasabah UKM yang sudah mulai bangkit dan bertumbuh sehingga pembayaran terus membaik.

Baca juga : Sentra Pelatihan Atlet Paralimpiade Dibangun Tahun Ini

Menurut dia, CIMB Niaga banyak memberikan bantuan mulai dari relaksasi maupun restrukturisasi, hingga turun ke nasabah langsung memberikan pendampingan.

“Alhamdulillah banyak customer terbantu dan diselamatkan. Hal ini membuktikan tak hanya ekonomi terus bertumbuh. Kami tak hanya mendampingi ketika menawarkan produk, tetapi ketika sulit juga membantu nasabah yang akhirnya membuat level NPL terjaga,” jelas Tony.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.