Dark/Light Mode

Teten Tegaskan Hilirisasi Komoditas Unggulan Daerah Perluas Lapangan Kerja

Jumat, 14 Juli 2023 15:36 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kanan) mengaku optimistis, Indonesia bisa menjadi negara maju, dengan kesejahteraaan yang meluas dan merata. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kanan) mengaku optimistis, Indonesia bisa menjadi negara maju, dengan kesejahteraaan yang meluas dan merata. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Teten mengaku optimistis, Indonesia bisa menjadi negara maju, dengan kesejahteraaan yang meluas dan merata.

Gernas BBI

Menteri Teten menambahkan, suksesnya program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBWI) menjadi pemantik dalam menumbuhkan semangat, bukan hanya bagi kementerian/lembaga dan BUMN dalam mengalokasikan belanja APBN 40 persen namun juga meningkatkan penggunaan produk lokal di kalangan masyarakat.

Baca juga : Rieke: Narasi Perdamaian Dominasi Catatan Sejarah Peradaban Islam

“Peran pemerintah daerah sangat strategis dalam mendukung suksesknya Gernas BBI dan Gernas BBWI. Dengan begitu kita bisa semakin optimistis ekonomi Indonesia semakin kuat, karena konsumsi masyarakat dalam penggunaan produk lokal meningkat, juga belanja Pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Gernas BBI dan BBWI menjadi upaya untuk membangun Indonesia yang kuat dan berdaya saing di kancah internasional.

“Dengan membangkitkan semangat kebanggaan produk Indonesia dan pariwisata di tanah air, kita perkuat fondasi pembangunan ekonomi, menjaga keberlanjutan lingkungan, dan memperkuat indentitas sebagai bangsa yang kreatif dan berbudaya,” kata Sandi.

Baca juga : MIPI: Tingkat Demokrasi Dalam Otonomi Daerah Sejalan Dengan Kesejahteraan Rakyat

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menambahkan, dalam upaya memajukan ekonomi bangsa, peran serta UMKM tak bisa dilepaskan, sehingga ke depan diperlukan peningkatakan kapasitas, inovasi, dan kreasi pelaku UMKM.

“Inovasi dan kreativitas perlu untuk memajukan ekonomi bangsa dan UMKM. Hal ini bertujuan agar produk unggulan kita bisa bersaing dan kita pasarkan secara nasional bahkan internasional,” kata Perry Warjiyo.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo yang mengatakan, saat pandemi Covid-19, aktivitas perekonomian sempat terkendala.

Baca juga : Erick: KEK Sanur Dorong Pembukaan Lapangan Kerja

Hadirnya kegiatan Gernas BBI dan BBWI diharapkan dapat membangkitkan perekonomian di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Potensi yang dihadirkan Gernas BBI dan BWI luar biasa. Kami berharap ajang ini dapat terus berlanjut lewat dukungan berbagai pihak, terutama dari Pemerintah Pusat untuk bisa terus memotivasi dan mendukung UMKM di wilayah kami,” kata Edy. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.