Dark/Light Mode

Kebut Transisi Energi, PLN Indonesia Power Perkaya Kompetensi Teknologi Di Bidang EBT

Sabtu, 15 Juli 2023 11:12 WIB
Kebut Transisi Energi, PLN Indonesia Power Perkaya Kompetensi Teknologi Di Bidang EBT

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Indonesia Power teru menggali semua potensi dalam perjuangannya menjalankan program transisi energi dan pengembangan pembangkit yang ramah lingkungan di Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengunjungi Jepang. Kunjungan bisnis PLN IP benchmark ke Negeri Matahari Terbit tersebut terkait strategi dan teknologi ke J-Power, JERA, JGC dan IHI.

Baca juga : MA Gandeng Pos Indonesia Kirim Dokumen Peradilan

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan tujuan ke Jepang adalah untuk menyambangi perusahaan-perusahaan yang menjadi pemain utama dalam komitmen dunia menuju Net Zero Emission (NZE) 2060.

“Merupakan key player perusahaan pembangkit listrik di Jepang, J-Power dan JERA dijadikan PLN IP sebagai objek benchmark dalam penyusunan Rencana Strategis Korporat dan Adopted Technology sebagai awal langkah menuju NZE 2060," ujar Edwin.

Baca juga : Ambil Langkah Agresif Dalam Transisi Energi, PLN Jalin 28 Kerja Sama pada EBTKE ConEx 2023

Dijelaskan, J-Power menetapkan visi ‘Blue Mission 2050’ dengan target penurunan Emisi CO2 sampai dengan 46 persen pada 2040 dan Net Zero Emission pada 2050, sementara JERA telah selesai melakukan pengujian cofiring ammonia dan akan meningkatkan penggunaan ammonia hingga 20 persen pada 2024.

Kedepannya kata dia, PLN Indonesia Power akan menjalankan beberapa inisiatif strategis melalui kolaborasi dengan J-Power, JERA, IHI atau JGC diantaranya konversi PLTU menjadi pembangkit IGCC/GTCC dan menjadi hydrogen firing, peremajaan pembangkit-pembangkit heritage, peningkatan penggunaan biomass untuk cofiring, pengembangan pembangkit EBT, pemeliharaan pembangkit termal konvensional, studi CCS/CCUS, eksplorasi Financial Tools yang tersedia untuk pengembangan proyek hingga digitalisasi pembangkit.

Baca juga : PLN Indonesia Power Jalankan Program Kampung Kopi Konservasi Di Banjarnegara

Disamping itu, PLN Indonesia Power dan PLN akan menindaklanjuti langkah strategis ini dengan melakukan kerja sama sebagai bentuk komitmen PLN Grup dalam implementasi aspek Environmental, Social & Governance (ESG) dan komitmen untuk mencapai carbon neutral di 2060.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.