Dark/Light Mode

Jaga Lingkungan

PLN Indonesia Power Jalankan Program Kampung Kopi Konservasi Di Banjarnegara

Rabu, 12 Juli 2023 05:52 WIB
PLN IP Mrica PGU telah melakukan pelatihan dan pendampingan hingga akhirnya bisa menjadikan Desa Pegundungan sebagai Kampung Kopi Konservasi. (Dok. PLN IP)
PLN IP Mrica PGU telah melakukan pelatihan dan pendampingan hingga akhirnya bisa menjadikan Desa Pegundungan sebagai Kampung Kopi Konservasi. (Dok. PLN IP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Indonesia Power (IP) Mrica PGU terus mewujudkan komitmennya dalam aspek lingkungan dan sosial di sekitar pembangkit. Salah satunya adalah menjaga kualitas air pada aliran Sungai Serayu dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

Tak hanya penting bagi keandalan pembangkit dimana air Sungai Serayu digunakan sebagai penggerak turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mrica, namun juga untuk menjaga ekosistem di Sungai Serayu.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK RI, Sigit Reliantoro mengatakan Kampung Kopi Konservasi binaan PLN IP Mrica PGU ini merupakan salah satu contoh implementasi konsep Creating Shared Value (CSV).

Baca juga : Ganjar Lanjutkan Program Seribu Embung Di Jateng

Dimana konsep ini akan menguntungkan bagi masyarakat dan korporasi.

Bagi masyarakat kata dia, ini merupakan opsi yang tepat dalam mengembangkan pencaharian baru.

Dan tentunya yang paling penting lagi untuk melindungi fungsi setiap komponen DAS (Daerah Aliran Sungai) Serayu dalam mencegah erosi.

Baca juga : Prospek Ekonomi RI Masih On The Track

"Sedangkan bagi PLN IP sendiri tentunya untuk jangka panjang keberlanjutan PLTA Mrica yang dalam pengoperasiannya memanfaatkan air dari aliran sungai serayu,” ujar Sigit.

Senada, Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan PLN IP terus lakukan inovasi salah satunya melalui program CSR (TJSL) dengan menciptakan CSV bagi korporasi maupun masyarakat sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi, sosial, kesehatan dan lingkungan.

“Setiap program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar Edwin.

Baca juga : Memperkenalkan Proses Tadarruj

Diketahui PLN IP Mrica PGU telah melakukan pelatihan dan pendampingan hingga akhirnya bisa menjadikan Desa Pegundungan sebagai Kampung Kopi Konservasi, yang merupakan pengembangan dari Program Sekolah Lapangan yang diinisiasi sejak tahun 2009.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.