Dark/Light Mode

Genjot Perbaikan Kinerja

PP Dan Adhi Karya Garap Jembatan KA Di Filipina

Selasa, 18 Juli 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT PP Novel Arsyad. (Foto: Antara)
Direktur Utama PT PP Novel Arsyad. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT PP (Persero) Tbk berhasil memenangkan dua proyek pembangunan infrastruktur transportasi kereta api (KA) di Filipina. Keberhasilan ini diharapkan mendukung upaya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya memulihkan kinerja.

Pengamat BUMN dari Uni­versitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menilai, BUMN Karya bisa segera bangkit, dengan melihat berbagai upaya yang tengah dilakukan. Dia mendorong, BUMN Karya agar terus berinovasi dan mengejar proyek-proyek yang mungkin masih bisa dikerjakan.

“Tujuannya, agar operasional perusahaan terus berjalan dengan baik. Dan di saat yang sama, perusahaan juga bisa terus melakukan restrukturisasi,” ujar Toto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Kue Bagea Di Donggala

Selain mengincar proyek di luar negeri, Toto mengimbau, BUMN Karya menggarap po­tensi proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sebab, Toto melihat, prospek proyek yang bisa dikejar BUMN Karya hingga akhir tahun ini ada­lah proyek-proyek infrastruktur domestik. “Dengan begitu, di­harapkan kinerja BUMN Karya semakin bergeliat hingga akhir tahun ini,” katanya.

Ia menegaskan, restrukturisasi utang menjadi poin penting un­tuk menyehatkan kembali struk­tur keuangan BUMN Karya. Jika dilihat dari laporan keuangan setiap emiten BUMN Karya, sumber pendanaan perseroan terbanyak berasal dari pinjaman perbankan dan obligasi.

Baca juga : Kebakaran K-Link Tower: 2 Korban Dirawat Di RS, 1 Pulang

“Jadi ya refinancing untuk per­panjang tenor, tetapi harus cari kupon yang lebih murah. Ba­gaimana caranya? Mintalah penja­minan ke Pemerintah. Hal ini bisa memudahkan BUMN menekan beban utang,” saran Toto.

Ia mengaku optimistis, kinerja BUMN Karya akan pulih tahun ini. Hal tersebut tercermin dari sejumlah investor asing yang mulai melakukan pembelian aset BUMN Karya, ditambah lagi beberapa proyek yang tengah dilakukan BUMN Karya.

“Investasi tersebut menimbul­kan kepercayaan diri bagi investor asing lainnya untuk melakukan hal yang sama,” ujar Toto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.