Dark/Light Mode

Genjot Perbaikan Kinerja

PP Dan Adhi Karya Garap Jembatan KA Di Filipina

Selasa, 18 Juli 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT PP Novel Arsyad. (Foto: Antara)
Direktur Utama PT PP Novel Arsyad. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sebagai informasi, ada dua proyek pembangunan infrastruktur transportasi perkeretapian di Filipina. Yakni, proyek pertama ada­lah paket CP S-01 untuk penger­jaan Blumentrit Extension 1,2 kilometer (km) viaduct atau jem­batan rel di atas jalan umum. Lingkup pekerjaan adalah satu stasiun elevated di Blumentrit dan lima jembatan. Pengumuman pemenang proyek senilai 11,672 miliar Peso atau sekitar Rp 3,2 triliun tersebut dikeluarkan tang­gal 17 Februari 2023.

Kemudian proyek kedua ada­lah CP S-03C untuk pengerjaan 5,8 km viaduct, dengan lingkup pekerjaan dua (Stasiun Sucat dan Stasiun Bicutan) dan tiga jem­batan. Pengumuman pemenang proyek senilai 20,92 miliar Peso atau sekitar Rp 5,7 triliun tersebut dikeluarkan tanggal 26 Juni 2023 sehingga secara keseluruhan ber­nilai hampir Rp 9 triliun.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Kue Bagea Di Donggala

Dua kontrak tersebut merupa­kan bagian dari pembangunan 147 km North-South Commuter Railway (NSCR) yang merentang dari Clark, Pampanga ke Calamba, Laguna melintasi National Capital Region (NCR) dan Metro Manila.

Proyek tersebut dilakukan untuk mengurangi kemacetan di jalan-jalan utama di Metro Ma­nila, memberikan alternatif trans­portasi yang nyaman dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Kebakaran K-Link Tower: 2 Korban Dirawat Di RS, 1 Pulang

Menyoal ini, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad memasti­kan akan ikut menggarap proyek konstruksi jalur kereta api di Filipina. BUMN konstruksi tersebut memenangkan lelang dua paket proyek dengan total nilai Rp 8,1 triliun yakni North-South Commuter Railway.

PT PP menggandeng Adhi karya untuk menggarap proyek tersebut. Penandatanganan kerja sama dalam pembangunan dua proyek telah ditandatanganan pada Kamis (13/7) di Istana Malacanang, Manila.

Baca juga : Genjot Pengembangan Bisnis, Garudafood Gelar Program Kampung Wirausaha

“Perusahaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pe­merintah Filipina,” kata Novel Arsyad dalam keterangan resmi, Minggu (16/7).

Dalam pekerjaan proyek, dua perusahaan membentuk joint venture. PT PP dalam hal ini mendapatkan porsi pekerjaan sebesar 49 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.