Dark/Light Mode

Kekuatan RI Dipamerkan

Menkeu: 6 Kuartal Berturut-turut, Ekonomi Indonesia Terjaga Di Kisaran 5 Persen

Selasa, 18 Juli 2023 12:17 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gandhinagar, India. (Foto: Humas Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gandhinagar, India. (Foto: Humas Kemenkeu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pamer kekuatan ekonomi Indonesia, di tengah guncangan ekonomi global, dalam Pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gandhinagar, India.

"Enam kuartal berturut-turut pertumbuhan ekonomi Indonesia konsisten terjaga di kisaran 5 persen. Kondisi ini cukup baik, dibanding beberapa negara saat ini", ujar Menkeu via akun Instagram resminya, @smindrawati, Selasa (18/7).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, sukses tersebut dicapai lewat kombinasi antara kebijakan fiskal dan moneter.

Baca juga : Mantul, Ekonomi Kita Naik Kelas

Salah satunya, melalui disiplin terhadap konsolidasi fiskal setelah pandemi lalu.

Di sesi pertama pertemuan tersebut, Menkeu juga membahas prioritas Indonesia dalam hal Mekanisme Transisi Energi Indonesia (ETM) dan  Pandemic Fund, yang merupakan inisiatif Presidensi G20 Indonesia tahun lalu.

"Isu ini juga terus kita suarakan dalam berbagai forum multilateral seperti G20 dan ASEAN," ucapnya.

Baca juga : Ekonominya Moncer, Orang Miskin Turun

Di sesi kedua, Menkeu membahas mekanisme pembiayaan, untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui Energy Transition Mechanism (ETM).

"Tahun lalu, Indonesia sudah meluncurkan ETM Country Platform, yang saat ini telah menerima pendanaan sebesar 500 juta dolar AS untuk mempercepat penutupan 2 proyek pembangkit listrik tenaga batu bara sebesar 1,6 Giga Watt," papar Menkeu.

Agenda Presidensi G20 India, Financing Cities of Tomorrow juga dibahas dalam pertemuan tersebut.

Baca juga : Investor China Minta Dukungan Airlangga

Menkeu mengatakan, Indonesia sangat mendukung dan mengapresiasi inisiatif ini, terutama dalam dialog infrastruktur.

"Sangat penting bagi kita, untuk terus membangun dunia. Namun, di saat yang bersamaan, juga tetap menjaga bumi tempat kita tinggal", pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.