Dark/Light Mode

Kembangkan Baterai EV Di Indonesia

Investor China Minta Dukungan Airlangga

Sabtu, 17 Juni 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu Chief Executive Of­ficer (CEO) Huayou Cobalt Co. Ltd Chen Xuhua di Kan­tor Kemenko Perekonomian, Jakarta. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu Chief Executive Of­ficer (CEO) Huayou Cobalt Co. Ltd Chen Xuhua di Kan­tor Kemenko Perekonomian, Jakarta. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha China tertarik mengembangkan teknologi canggih di industri baterai kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV). Mereka siap meningkatkan investasi lima tahun ke depan.

Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto mengatakan, investasi sumber energi hijau dilakukan Chief Executive Of­ficer (CEO) Huayou Cobalt Co. Ltd Chen Xuhua.

Airlangga mengapresiasi Huayou Cobalt karena menggu­nakan teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan teknologi yang ada di China saat ini.

“Kami juga meminta Huayou Cobalt mempercepat pembangunan hilirisasi foil tembaga untuk lapisan baterai lithium,” kata Airlangga, saat bertemu dengan Chen Xuhua, di Kan­tor Kemenko Perekonomian, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, pengembangan industri baterai EV di Indonesia menjadi salah satu prioritas Pemerintah, yang diupayakan dengan mendorong hilirisasi material-material, antara lain nikel, bauksit dan tembaga.

Baca juga : Pertimbangkan Situasi Ekonomi, Komunitas Anak Muda Cirebon Dukung Airlangga Hartarto Nyapres

“Melalui proyek strategis na­sional, Pemerintah mendukung pengembangan investasi industri baterai EV. Khususnya untuk ka­wasan industri terintegrasi mate­rial baterai lithium,” katanya.

Pembangunan ini telah menarik perhatian para investor global untuk berinvestasi di Indonesia. Salah satu investor dalam industri tersebut, Huayou Cobalt.

Ketua Umum Partai Golkar ini menyebut, selama lima tahun, Huayou Cobalt telah melakukan investasi 21,5 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 320,9 triliun untuk 9 proyek yang menyerap 52.000 tenaga kerja di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Chen Xuhua meminta dukungan Airlangga untuk pengembangan kawasan industri dan pembangunan sumber energi air dalam rangka mewujudkan hilirisasi yang ramah lingkungan.

Sebelumnya, Menteri Investa­si/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahada­lia menegaskan, pihaknya akan terus menggenjot investasi hiliri­sasi Sumber Daya Alam (SDA) untuk kuartal berikutnya. Hal itu dilakukan untuk merealisasikan target investasi Rp 1.400 triliun tahun ini.

Baca juga : Ungkit Menangkan 7 Kali, PDIP Dinilai Ingatkan Jokowi Untuk Dukung Ganjar

Sepanjang 2022 hingga periode triwulan I-2023, Bahlil mencatat sektor industri pengolahan seperti industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatan­nya, konsisten berada di peringkat atas sektor penyumbang investasi terbesar di Indonesia.

“Saya akan fokus terus terhadap investasi hilirisasi. Karena hilirisasi menjadi kunci ekonomi na­sional kita tumbuh berkualitas dan berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Pada periode kuartal I-2023, realisasi investasi mencapai Rp 328,9 triliun dengan didominasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 53,8 persen.

Untuk realisasi PMA pada sektor manufaktur, khususnya industri logam menempati urutan pertama pada triwulan I-2023 dengan 2,9 miliar dolar AS.

Sedangkan sektor pertam­bangan memuncaki investasi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Rp 19,8 triliun di kuartal I-2023.

Baca juga : Lagi Di India, Mentan Tak Hadiri Panggilan KPK

Hal tersebut menunjukkan kebi­jakan Pemerintah melalui program hilirisasi SDA telah berdampak positif terhadap capaian kinerja investasi di awal tahun ini.

“Kami masih fokus pada hilirisasi. Di banyak negara, hilirisasi menjadi instrumen untuk menjadikan negara berkembang menjadi maju,” ucapnya. ■  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.