Dark/Light Mode

Top, Investasi Hulu Migas Semester I 2023 Naik 21 Persen

Selasa, 18 Juli 2023 19:36 WIB
Capaian investasi SKK Migas meningkat 21 persen jika dibandingkan dengan investasi pada semester sebelumnya. (Ilustrasi SKK Migas)
Capaian investasi SKK Migas meningkat 21 persen jika dibandingkan dengan investasi pada semester sebelumnya. (Ilustrasi SKK Migas)

 Sebelumnya 
Namun, dari aspek legal dan kontraktual, investor masih mengharapkan perbaikan terutama terkait undang-undang migas yang perlu segera diselesaikan.

Dari sisi teknis operasional, peningkatan investasi hulu migas masih terkendala pengeboran sumur karena safety stand down, ketersediaan rig dan tenaga kerja.

Namun, peningkatan tren investasi hulu migas secara global diharapkan akan terus mendorong peningkatan investasi di Indonesia.

“Peningkatan investasi menjadi sangat penting untuk meningkatkan eksplorasi dan memastikan production no decline,” ujarnya.

Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf menyampaikan, Semester I tahun 2023 ini, industri hulu migas berhasil mencapai tingkat Reserves Replacement Ratio (RRR) 52,9 persen dengan penambahan cadangan sebesar 340 MMBOE.

Baca juga : Dorong Investasi, SKK Migas Kembali Gelar Konferensi Hulu Migas Internasional

“Capaian RRR Semester 1 ini jauh di atas target RRR Semester 1 tahun 2023 yang sebesar 19 persen, dan sampai akhir tahun RRR diharapkan akan mencapai 138,3 persen,” ujar Nanang.

Nanang menyebut, pada periode ini, industri hulu migas juga telah menyumbang penerimaan negara sebesar US$6,8 miliar atau sekitar Rp 99,9 triliun.

Deputi Eksplorasi Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja, Benny Lubiantara mengatakan, penemuan eksplorasi 2023 menghasilkan total sumberdaya 216 MMBOE.

“Dari 11 sumur eksplorasi, 6 sumur telah selesai, 6 discovery, 1 sumur belum di test dan 4 sumur masih on going,” ujar Benny.

Deputi Eksploitasi SKK Migas, Wahju Wibowo menambahkan, SKK Migas juga menargetkan 11 proyek hulu migas untuk onstream di 2023. Proyek-proyek ini diharapkan akan menambah kapasitas produksi sebesar 19.077 BOPD dan 454 MMSCFD.

Baca juga : Dongkrak Investasi Di Sektor Migas, SKK Migas Gelar ICIOG 2023

 “Sebagian besar proyek tersebut akan Onstream pada Q3 dan Q4 tahun 2023 dengan capex sebesar US$ 709,2 juta atau setara Rp. 10,64 triliun,” kata Wahju.

Terkait dengan Proyek Strategis Nasional Hulu Migas 2023 Wahju menyampaikan, Tangguh Train 3 akan first drop LNG sebelum tanggal 17 Agustus 2023, untuk Indonesia Deepwater Development Pengalihan Participating Interest rencana selesai Juli 2023 dan onstream pada tahun 2027.

“Sementara Abadi Masela pengalihan Participating interest diharapkan rampung bulan Juli 2023 dengan target onstream tahun 2029,” tegasnya.

Selain itu, dalam rangka mendukung penurunan emisi karbon, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko bilang, industri hulu migas juga telah melakukan sejumlah langkah.

Di antaranya, pilot project teknologi Huff and Puff dan inisiasi teknologi CCS-CCUS, manajemen penggunaan energi, pengurangan fugitive emission, zero routine flaring, formulasi kebijakan dan kegiatan penghijauan. Pada Semester I 2023, industri hulu migas telah menanam 446 ribu pohon.

Baca juga : Top, Kota Bekasi Juara Umum Muaythai Jabar Open 2023

“Ini akan terus kami lakukan bersama KKKS dan melibatkan stakeholder di wilayah operasi dan diakhir tahun kita harapkan mencapai lebih dari 2 juta pohon yang akan ditanam,“ kata Rudi.

Sekretaris SKK Migas, Shinta Damayanti melanjutkan, dalam waktu dekat SKK Migas akan melangsungkan kegiatan “one two trees”, one employee two trees  setiap pekerja industri hulu migas akan melakukan penanaman 2 pohon sebagai bentuk kepedulian dan dukungan industri hulu migas dalam rangka Low Carbon Initiative.

Shinta juga menyampaikan rencana penyelenggaraan 4th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2023 pada 20 – 22 September 2023 di Bali dengan tema “Advancing Security Through Sustainable Oil and Gas Exploration and Development”.

Shinta mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang koordinasi bagi seluruh stakeholder untuk bersama-sama meng unlock policy dan enabler untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi dan produksi.

"Selain itu untuk mendorong pertumbuhan investasi dan pada akhirnya meningkatkan ketahanan energi untuk pertumbuhan ekonomi,” pungkas Shinta. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.