Dark/Light Mode

Gandeng Lamont Capital, Wira Global Solusi Lebarkan Sayap Di Sektor Teknologi

Senin, 24 Juli 2023 15:39 WIB
 PT Wira Global Solusi Tbk WGSH menggandeng Lamont Capital Pte Ltd untuk melebarkan sayap di sektor teknologi dalam negeri. Keduanya, telah melakukan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding MoU kerja sama. (Foto: Ist)
 PT Wira Global Solusi Tbk WGSH menggandeng Lamont Capital Pte Ltd untuk melebarkan sayap di sektor teknologi dalam negeri. Keduanya, telah melakukan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding MoU kerja sama. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -  PT Wira Global Solusi Tbk (WGSH) menggandeng Lamont Capital Pte Ltd untuk melebarkan sayap di sektor teknologi dalam negeri. Keduanya, telah melakukan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama. 

Direktur Lamont Capital Pte Ltd, Lawrence Tjandra mengatakan, pasar teknologi terapan di Indonesia sangat besar mengingat jumlah penduduk indonesia yang membutuhkan layanan teknologi informasi terus bertambah.

"Sehingga kami dengan WGSH akan menuntaskan pembentukan Investment Fund (Variable Capital Company) dengan nama Lamont Next Generation Fund yang berdomisili di Singapura untuk menarik investor asing untuk berinvestasi di perusahaan Indonesia, dengan target dana 100 juta dolar AS," kata Lawrence, Senin (23/7) dalam keterangannya.

Baca juga : ILUNI UI Gandeng BantuSaku Gelar Sosialisasi Pentingnya UU P2SK

Sebelumnya, Direktur Lamont Capital Pte Ltd, Lawrence Tjandra, telah memiliki 5 persen kepemilikan saham WGSH.  Lawrence Tjandra menggunakan Special Purpose Vehicle (SPV) yaitu Lamont Capital Pte Ltd untuk menambah kepemilikan sahamnya dalam waktu dekat.

Lawrence Tjandra menjelaskan kemitraan yang lebih dalam ini, Lamont Capital dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi WGSH sehingga dapat memimpin di sektor teknologi dalam negeri. 

Sementara itu,  Ikin Wirawan, Komisaris Utama WGSH mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, diharapkan menjadi solusi bagi perusahaan tradisional untuk scale-up atau exit, sekaligus menjadi solusi bagi startup teknologi untuk meraih profitability dan melantai di bursa. 

Baca juga : Gandeng Kalog, Distribusi Perikanan Lewat Kereta Meningkat Tajam

Ia menyebut teknologi akan terus berkembang dan kini tengah berkembang tren Generative AI. Menurutnya, core capability WGSH sudah dapat mengikuti perkembangan teknologi dan perusahaan percaya diri dapat memberikan tech-enabled disruptions ke bisnis tradisional di berbagai sektor, termasuk properti, aquaculture, dan sebagainya.

Seperti diketahui, WSGH berencana menambah jumlah portofolio dan meluncurkan lebih banyak proyek sendiri di tahun ini. Melalui agenda tersebut, Wira Global Solusi menargetkan pendapatan bisa tumbuh hingga 19,6 persen year on year (YoY) menjadi Rp 31,95 miliar dibandingkan realisasi pendapatan 2022 senilai Rp 26,69 miliar.

Ikin Wirawan mengungkapkan di tahun ini membatasi akuisisi saham ekuitas minoritas menjadi dua portofolio hingga 4 portofolio baru per tahun.

Baca juga : Lewat Laporan Kredit, Pacu Inovasi Layanan Jasa Keuangan

Namun, WGSH akan meluncurkan lebih banyak proyek sendiri dan membangun kemitraan melalui skema bagi hasil. Dengan demikian dapat mengembangkan Intellectual Property (IP) sendiri sehingga menghemat lebih banyak uang dan mendapatkan lebih banyak pendapatan dari aktivitas non-tradisional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.