Dark/Light Mode

Kemenpora Gandeng Pemkot Jakbar Bugarkan Masyarakat Dengan Senam Massal

Minggu, 28 Mei 2023 17:52 WIB
Senam Gembira Bersama Kemenpora di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Minggu (28/5). (Foto: Istimewa)
Senam Gembira Bersama Kemenpora di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Minggu (28/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan emak-amak berseragam merah putih memenuhi halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Minggu (28/5). Mereka mengikuti rangkaian senam dalam acara Senam Gembira Bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sejak pagi hingga tengah hari.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi (Asdep) Olahraga Masyarakat, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora, Suryati, perwakilan GM Marketing PT Kimia Farma TBK, serta Ketua Yayasan Forum Olahraga dan Seni Alumni Triple Sembilan, Herizal selaku Ketua penyelenggara kegiatan. Selaku tuan rumah hadir mewakili Wali Kota Jakarta Barat yaitu Asisten Kesra Pemkot Jakarta Barat RM Amien Haji.

Beragam senam yang digelar antara lain Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), Senam Persadia, Senam Aerobik, Senam Zumba, dan Senam Kreasi. Suryati mengatakan, perhelatan Senam Gembira Bersama Kemenpora tersebut dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Menurut Suryati, sebenarnya Kemenpora memanfaatkan momen apa pun yang relevan dalam rangka mengolahragakan masyarakat. 

Baca juga : OMG Dukung Perayaan HUT Masyarakat Transmigran di Kabupaten Tebo

”Kegiatan senam bersama ini sebenarnya dalam rangka program kampanye olahraga di masyarakat. Kita rutin berkolaborasi dengan pemerintah daerah, komunitas-komunitas induk olahraga, dan sebagainya untuk mengajak masyarakat agar sehat dan bugar,” kata Suryati. 

Dia mengapresiasi Pemkot Jakarta Barat maupun Pemprov DKI Jakarta yang memfasilitasi halamannya untuk kegiatan olahraga masyarakat yang kali ini adalah senam. Menurutnya, pemerintah memiliki target masyarakat Indonesia bugar pada 2045 mencapai 70 persen. Sementara saat ini kebugaran masyarakat Indonesia masih di angka 17 persen.

”Indonesia sudah pernah di angka 23 persen. Tetapi ketika pandemi Covid-19 turun lagi. Itu hasil pengukuran Sport Development Index dari Kemenpora,” kata Suryati. 

Baca juga : Pemdaprov Jabar Luncurkan Sayembara Desa Digital 2023

Untuk itu, Kemenpora selalu mengajak pihak terkait untuk mengampanyekan atau mengajak masyarakat untuk menjaga kebugaran jasmaninya. Jika masyarakat sudah bugar ujung-ujungnya akan mencapai prestasi di segala bidang. ”Kalau sudah bugar semua, untuk pembibitan olahraga prestasi pun gampang,” ujar Suryati.

Demi mencapai tujuan tersebut, Suryati mengaku Kemenpora terbuka luas untuk bekerja sama dengan berbagai pihak tentunya dengan dukungan anggaran yang ada. Dia mengakui, dukungan anggaran Pemerintah untuk bidang olahraga masyarakat masih rendah dibandingkan dengan olahraga prestasi.

”Memang sangat-sangat minim sekali ya. Tetapi mengolahragakan masyarakat bagaimanapun harus jalan, bisa dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti para sponsor, para pengusaha, untuk sama-sama mengajak masyarakat memiliki kebugaran jasmani,” ucapnya.

Baca juga : Kemenpora Minta Atlet Fokus Asian Games Dan Olimpiade

Menurut Suryati, olahraga masyarakat terorganisasi melalui Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), yang terdapat 85 induk organisasi olahraga di bawahnya. Kemenpora bersama KORMI dan perlu dukungan berbagai pihak untuk terus bergerak mendorong olahraga masyarakat agar bugar. ”Kami harap dukungan (Pemkot Jakarta Barat/Pemprov DKI) ini juga diikuti oleh seluruh pemda-pemda yang lain di seluruh Indonesia,” tegas Suryati.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.