Dark/Light Mode

Investasi Digeber

10 Tahun Kemitraan Strategis Komprehensif, Jokowi Penuhi Undangan Xi Jinping

Kamis, 27 Juli 2023 09:25 WIB
Presiden Jokowi (tengah) diapit Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dalam konferensi pers menjelang keberangkatan ke China, di Pangkalan Udara TNI Halim Perdanakusumah, Kamis (27/7). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (tengah) diapit Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dalam konferensi pers menjelang keberangkatan ke China, di Pangkalan Udara TNI Halim Perdanakusumah, Kamis (27/7). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, Presiden Jokowi bertolak ke Chengdu, China. Memenuhi undangan dari Presiden Xi Jinping, sekaligus memperingati 10 tahun kemitraan strategis komprehensif kedua negara.

Dalam pertemuan dengan Presiden Xi Jinping, Presiden Jokowi akan membahas sejumlah agenda prioritas di berbagai bidang.

Jokowi menyebut, China merupakan mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia.

Baca juga : Lestari: Perlu Kebijakan Antisipatif Sikapi Perkembangan Kecerdasan Buatan

“Sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan, serta isu-isu regional dan global,” ujar Jokowi dalam konferensi pers sebelum keberangkatan, di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis (27/7).

Selain itu, Jokowi juga akan menggelar pertemuan dengan para pebisnis dari China. Membahas potensi investasi di Indonesia.

“Saya juga akan bertemu dengan beberapa CEO, serta pimpinan perusahaan-perusahaan China yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia. Khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan,” papar Jokowi.

Baca juga : Jokowi Berulang-ulang Bilang, Jangan Salah Pilih Pemimpin

Presiden ke-7 RI itu juga akan menyempatkan diri untuk menyemangati para mahasiswa Indonesia, yang tengah berlaga di ajang olahraga internasional FISU World University Games.

“Saya juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games, untuk menyemangati kontingen kita yang berlaga di sana,” ujarnya.

Presiden dan Ibu Iriana Jokowi dijadwalkan tiba di Tanah Air, pada Sabtu (29/7) pagi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.