Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemitraan Strategis Kerek Kualitas Pengelolaan Bandara Kualanamu

Rabu, 25 Januari 2023 22:10 WIB
Bandara Kualanamu. (Foto: Ist)
Bandara Kualanamu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II secara berkelanjutan melakukan peningkatan pelayanan di seluruh bandara yang dikelola perseroan. Termasuk Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

AP II mengelola Bandara Kualanamu melalui anak usaha yakni PT Angkasa Pura Aviasi sejak Juli 2022. Pemegang saham di PT Angkasa Pura Aviasi adalah AP II dan GMR Airport Consortium.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, sejumlah BUMN yang bergerak di sektor transportasi, pelabuhan, dan bandara agar meningkatkan layanan dan juga memperkuat ekosistem dalam menekan tingginya biaya logistik.

Erick mencontohkan, Bandara Kualanamu di Sumatera Utara bertransformasi dengan menggandeng mitra strategis, GMR Airports. Kerja sama tersebut mendorong peningkatan kualitas pengelolaan Bandara Kualanamu menjadi lebih profesional.

"Tak hanya itu, Bandara Kualanamu juga menjadi hub internasional dan menjadi hub pariwisata dan kargo. Hal ini akan memperbaiki rantai pasok kita menjadi lebih baik," ucap Erick.

Baca juga : Pengalaman China (3)

Adapun saat ini Bandara Kualanamu tengah menjalankan transformasi guna meningkatkan standar operasional dan layanan.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, kemitraan strategis di Bandara Kualanamu mendorong optimalisasi sumber daya dalam mendukung operasional penerbangan.

“AP II dan mitra strategis berkolaborasi dengan baik, dan memberikan dampak positif terhadap operasional Bandara Kualanamu. Data-data menunjukkan perbaikan, seperti misalnya saat ini tingkat ketepatan waktu penerbangan (on time performance/OTP) di Bandara Kualanamu bisa mencapai sekitar 75 persen dari sebelumnya sekitar 69 persen,” ujarnya.

Di samping itu, alat produksi Bandara Kualanamu yaitu slot time penerbangan untuk rute domestik dan internasional secara kumulatif juga meningkat dari sebelumnya 294 slot time per hari kini menjadi 314 slot time per hari. Ini berkat kolaborasi yang baik untuk optimalisasi operasional bandara,” ujar Awaluddin.

Optimalisasi operasional ini berdampak pada keberhasilan Bandara Kualanamu dalam menangkap peluang yang ada dalam periode pemulihan sektor penerbangan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Pengalaman China (2)

“Tumbuhnya permintaan pada 2022 dapat diakomodir dengan baik oleh Bandara Kualanamu dan maskapai serta stakeholder lainnya. Sepanjang 2022, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu mencapai 5,85 juta penumpang atau melonjak sekitar 88 persen dibandingkan dengan 2021 sebanyak 3,10 juta penumpang,” ujar Muhammad Awaluddin.

Awaluddin mengatakan, peningkatan jumlah penumpang di Bandara Kualanamu pada 2022 didorong aktivasi rute-rute domestik dan internasional. Khusus rute internasional, saat ini Bandara Kualanamu melayani penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur, Penang, Singapura, Bangkok dan Madinah.

Bandara Kualanamu tengah bersiap untuk membuka rute-rute domestik dan rute penerbangan langsung dari dan ke Asia Selatan.

Fasilitas Layanan Umroh

Bandara Kualanamu juga menghadirkan beragam fasilitas bagi penumpang pesawat, di mana yang terbaru adalah area dan jalur khusus bagi jemaah umroh.

Baca juga : Kemitraan Dan Cokelat Artisan Kerek Daya Saing Industri Kakao

Awaluddin mengatakan Bandara Kualanamu saat ini telah menjadi hub internasional untuk penerbangan umroh. Jemaah umroh dari kota-kota lain di Sumatera yang menggunakan Lion Air dipusatkan keberangkatannya di Bandara Kualanamu untuk menuju Tanah Suci. “Sehingga penerbangan umroh meningkat dan AP II menyiapkan layanan khusus guna memberikan pelayanan bagi jemaah umroh,” ujarnya.

“Layanan khusus bagi jemaah umroh di Bandara Kualanamu, mulai dari area tunggu khusus, konter check in khusus, hingga jalur pemeriksaan khusus. Kami berharap layanan ini dapat membuat jemaah umroh dapat nyaman dalam melakukan perjalanan ibadah mulai dari bandara keberangkatan,” ujar Awaluddin.

Di samping untuk jemaah umroh, Bandara Kualanamu juga menyediakan fasilitas VVIP bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Fasilitas VVIP bagi PMI ini merupakan wujud dari kolaborasi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dengan AP II dan stakeholder lain di Bandara Kualanamu. Fasilitas VVIP yang disediakan bagi PMI itu adalah VVIP Lounge yang menyediakan berbagai kebutuhan, serta jalur VVIP untuk memproses keimigrasian.

Sejak Juli 2022, Bandara Kualanamu juga telah menjalankan program quick win dalam mempercantik terminal penumpang di antaranya melalui inisiatif pembersihan mendalam (Terminal Deep Clean and Diamond Polish), lalu inisiatif beautifikasi (Airport Beautification Initiatives) dan peningkatan infrastruktur layanan (Airport Repair Refurbishment) seperti mulai dari peningkatan toilet, area bermain anak, lokasi parkir hingga karpet di terminal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.