Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kemenperin Dorong Industri Mamin Ekspansi Ke Pasar Global

Sabtu, 29 Juli 2023 11:21 WIB
Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika. (Foto: Ist)
Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong upaya ekspansi industri makanan minuman (mamin) ke pasar global. 

Subsektor industri mamin merupakan motor utama pertumbuhan industri pengolahan nonmigas di Indonesia, didukung oleh sumber daya alam yang berlimpah dan permintaan domestik yang terus meningkat. Salah satu bentuk dukungan Kemenperin terhadap pertumbuhan industri mamin adalah melalui promosi hasil produksinya pada pameran skala regional dan internasional.

Baca juga : Ganjar Dorong Kopi Temanggung Kuasai Pasar Internasional

PDB industri mamin tumbuh sebesar 5,35 persen pada Triwulan I-2023, sejalan dengan pertumbuhan PDB nasional sebesar 5,03 persen dan berkontribusi sebesar 38,61 persen terhadap PDB industri pengolahan nonmigas. “Ini menjadikan industri mamin sebagai subsektor dengan kontribusi PDB terbesar," jelas Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika, seperti ditulis Sabtu (29/7).

Industri mamin juga termasuk salah satu subsektor industri dengan nilai Indeks Kepercayaan Industri (IKI) berada di kategori ekspansif pada survei bulan Juni 2023. Secara keseluruhan, IKI pada Januari-Juni 2023 selalu berada dalam kondisi ekspansif atau di atas angka 50,00. Hal ini menunjukkan bahwa sektor industri terus mengalami pemulihan.

Baca juga : 6 Kontribusi Positif PalmCo Untuk Masa Depan Industri Sawit Nasional

Kemenperin terus mendorong peningkatan ekspor produk industri mamin, Salah satu bentuk dukungannya adalah melalui penyelenggaraan pameran berskala internasional, seperti Pameran FHI 2023. “Ini menjadi salah satu langkah strategis untuk mendorong ekspor dari sisi permintaan pasar,” kata Putu.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.