Dark/Light Mode

Bertemu Menkeu India

Sri Mulyani Perkuat Kerja Sama Bilateral

Selasa, 18 Juli 2023 07:30 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman dalam rang­kaian pertemuan tingkat Menteri dan Gubernur Bank Sentral G20 ke-3 (3rd G20 FMCBG) di bawah Presidensi India di Guja­rat India, Minggu (16/7). (Foto: Instagram @smindrawati)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman dalam rang­kaian pertemuan tingkat Menteri dan Gubernur Bank Sentral G20 ke-3 (3rd G20 FMCBG) di bawah Presidensi India di Guja­rat India, Minggu (16/7). (Foto: Instagram @smindrawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia memperkuat kerja sama bilateral dengan India. Kerja sama tersebut diaplikasikan dengan membentuk Dialog Kerja Sama Ekonomi dan Keuangan (Economic and Financial Dialogue/EFD) di Gandhinagar, Gujarat, India.

Hal itu diumumkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati setelah bertemu dengan Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman dalam rang­kaian pertemuan tingkat Menteri dan Gubernur Bank Sentral G20 ke-3 (3rd G20 FMCBG) di bawah Presidensi India di Guja­rat India, Minggu (16/7).

Wanita yang akrab disapa Ani itu menyampaikan bahwa kedua negara memiliki banyak kesamaan dan juga sejarah yang panjang.

Baca juga : MA Gandeng Pos Indonesia Kirim Dokumen Peradilan

Perdagangan antara India dan Indonesia, terutama dari Gujarat, sudah terjadi sebelum abad ke-13. Mulai dari hasil pertanian berupa rempah-rempah hingga pakaian dan perhiasan.

“Sejarah hubungan ekonomi tersebut menjadi salah satu fondasi dalam memperkuat kerja sama bilateral kedua negara,” kata Ani dalam keterangannya, kemarin.

Bendahara Negara itu mengatakan, Indonesia dan India terus berdiskusi di bawah kedua Kementerian Keuangan, terkait upaya membangun dialog yang kuat di tingkat kebijakan. Mulai dari level tertinggi hingga level yang sangat teknis.

Baca juga : Bertemu Menko Airlangga, Nono Sampono Bahas Beberapa Isu Strategis

Kedua negara saling berbagi banyak hal untuk memenuhi ke­butuhan pembangunan domestik masing-masing negara. Ter­masuk upaya mempertahankan kinerja pertumbuhan ekono­mi yang tinggi, menciptakan lapangan kerja dan menurunkan kemiskinan.

“Kami juga berupaya agar dapat terus bekerja sama, tidak hanya dalam kerangka bilateral tetapi juga di tingkat multilateral,” ujar Ani.

Saat ini, Indonesia dan In­dia memiliki struktur ekonomi serupa yang didukung oleh pertumbuhan sektor manufaktur, dan perkembangan teknologi serta inovasi yang signifikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.