Dark/Light Mode

Jadi Distributor Graph Analytic

Peruri Berpotensi Cuan, Cegah Fraud Keuangan

Minggu, 30 Juli 2023 07:25 WIB
Di­rektur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki. (Foto: dok. Peruri)
Di­rektur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki. (Foto: dok. Peruri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pesatnya pertumbuhan industri fintech (financial technology), Perum Peruri menangkap peluang cuan dengan menghadirkan solusi yang bisa mencegah terjadinya fraud di industri keuangan.

Peneliti Center of Digital Economy and SMEs Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda me­ngatakan, saat ini perkembangan fintech dan turunannya sangat berkembang pesat. Karena itu, ondustri yang bergerak di sektor ini harus memiliki instrumen yang mengedepankan faktor keamanan.

Seperti halnya yang dilakukan Peruri dalam menghadirkan pe­ngolahan data analytics, melalui produk Peruri Graph Analytics berbasis Graph Database.

Baca juga : Mega-Prabowo Bagai Keluarga

“Penggunaan Graph Analytic bisa membuat terobosan di in­dustri fintech. Misalnya, mampu mendeteksi fraud di Digital Fi­nancial Services,” ujar Huda ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebagai informasi, teknologi Graph Analytic merupakan metode algoritma matematis un­tuk mendapatkan informasi dari sumber data yang berbeda-beda.

Selain itu, data graph direpresentasikan dalam bentuk node yang merupakan titik penghubung antar data.

Baca juga : Nggak Jadi di Istora, Andi Gani Pastikan Tetap Ketemu Ganjar

Bahkan, Graph Database digunakan sebagai Database Analytics yang mampu me­ngolah data dengan kapasitas besar, dengan tampilan yang memudahkan pengguna melihat keterhubungan antar-data.

Nailul menilai, penggunaan metode ini akan terus berkem­bang ke depannya. Seiring pro­ses digitalisasi, yang hampir di­lakukan di semua sektor industri.

“Biasanya ini akan berkem­bang dalam dua tahun. Sama seperti fintech, dulu tidak ada yang minat. Lalu terus berkem­bang pesat dalam waktu dua sampai tiga tahun,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.