Dark/Light Mode

Investasinya Besar, China Jadi Mitra Terdepan ASEAN

Selasa, 1 Agustus 2023 07:32 WIB
Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid (kiri) saat memimpin delegasi melakukan kunjungan ke China/Ist
Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid (kiri) saat memimpin delegasi melakukan kunjungan ke China/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - China memiliki peran strategis dalam meningkatkan arus masuk investasi ke negara-negara di kawasan ASEAN. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid dalam rilisnya, Senin (31/7).

Sebagai raksasa ekonomi dunia, China tercatat sebagai salah satu sumber terbesar investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) di ASEAN. 

Pada 2021, nilai investasi asing langsung China yang tersebar di negara-negara ASEAN tercatat sebesar 13,8 miliar dolar AS. Negara-negara anggota ASEAN terdiri atas Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Baca juga : Panglima TNI: Peristiwa di Basarnas Perlu Jadi Evaluasi Agar Tak Terulang

“Ini capaian yang luar biasa yang patut diapresiasi. Selama beberapa dekade, China telah membuktikan sebagai mitra terdepan ASEAN. Saya berharap ASEAN-China akan terus mempertahankan kemitraan erat ini,” kata Arsjad.

Delegasi ASEAN-BAC berada di Beijing dan Shanghai, pada 25 – 27 Juli 2023 dalam rangkaian roadshow kepemimpinan Indonesia pada ASEAN-BAC tahun 2023. 

Seluruh delegasi menggelar pertemuan dengan para  pengusaha tergabung dalam China Chamber of Commerce for Machinery and Electronic Products (CCCME), China Chamber of Commerce for Medicines and Health Products (CCCMHPIE), Center of China & Globalization, China Council for Promotion of International Trade (CCPIT) dan China Chamber of International Commerce (CCOIC).

“Alhamdulillah, pertemuan berlangsung penuh persahabatan. Ada komitmen yang telah kami sepakati, salah satunya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak CCPIT dan CCOIC terkait pembaruan kerja sama Indonesia dan China dalam berbagai sektor bisnis dalam naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia,” kata Arsjad.

Baca juga : Top! Soetta Jadi Bandara Tersibuk Di ASEAN

Delegasi ASEAN-BAC juga melakukan pertemuan dengan Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC), FinVolution Group, dan Hycan. Ketiga perusahaan ini ditemui saat di Shanghai dan para delegasi membahas mengenai peluang investasi perusahaan tersebut di ASEAN dan Indonesia. 

Saat bertemu dengan pihak COMAC, delegasi ASEAN-BAC membahas peluang kerja sama lanjutan terkait adanya kerja sama untuk industri pesawat terbang Indonesia dan ASEAN. Maskapai Indonesia bernama TransNusa telah menggunakan pesawat buatan COMAC untuk rute Jakarta - Bali per April 2023. 

Selain itu, delegasi juga bertemu dengan pihak FinVolution Group untuk membahas kerja sama dalam hal digital finansial dan dengan pihak Hycan, selaku salah satu perusahaan kendaraan listrik terkemuka di China, delegasi ASEAN-BAC membahas adanya peluang pemasaran Hycan di ASEAN.

Pada rangkaian pertemuan selama roadshow ASEAN-BAC di China, secara khusus delegasi ASEAN-BAC mengajak pejabat pemerintah dan para pelaku usaha China untuk menghadiri Business Investment Summit 2023 dan ASEAN Business Awards 2023 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 3-4 September 2023. 

Baca juga : Universitas Pancasila Grand Launching Program Studi Perkeretaapian

Indonesia, lanjut Arsjad, menjadi salah satu contoh konkret kerja sama China di kawasan ASEAN. Disebutkan, di bidang kesehatan perusahaan China telah mengembangkan teknologi baru yang inovatif, efektif, dan hemat biaya. Khususnya bidang biologi dan vaksinasi untuk membantu mempercepat transformasi kesehatan di Indonesia.

Disebutkan, pada dekade terakhir China telah menjadi sumber utama inovasi ilmu hayati. Negeri Tirai Bambu ini unggul dalam mengembangkan produk baru dan versi hemat biaya dari produk-produk kompleks.

“China berada di garis depan inovasi bioteknologi, genomik dan bioengineering yang akan mendorong pengelolaan kesehatan di masa depan. Inovasi China menghadirkan harapan bagi negara-negara berkembang,” ujar Wakil Ketua ASEAN-BAC Bernardino Vega.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.