Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Prudential Syariah Gandeng Fatayat NU Perkuat Pemberdayaan Perempuan

Jumat, 4 Agustus 2023 23:19 WIB
Presiden Direktur Prudential Syariah Omar S Anwar bersama Ketua Umum Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah memperlihatkan naskah MoU yang sudah ditandatangani, di Jakarta, Jumat (4/8). (Foto: Dok. Prudential Syariah)
Presiden Direktur Prudential Syariah Omar S Anwar bersama Ketua Umum Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah memperlihatkan naskah MoU yang sudah ditandatangani, di Jakarta, Jumat (4/8). (Foto: Dok. Prudential Syariah)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU). Kemitraan ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Prudential Syariah dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai inisiatif untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Syariah, khususnya di kalangan perempuan muda Indonesia.

Presiden Direktur Prudential Syariah Omar S Anwar mengatakan, perempuan memiliki peran penting dalam keluarga, terutama saat membuat keputusan strategis yang menyangkut finansial. Melalui kerja sama ini, pihaknya berkomitmen untuk terus memberdayakan perempuan di Indonesia melalui beragam inisiatif bermanfaat, berkah, dan berdampak besar untuk masa depan literasi dan inklusi keuangan Syariah. Dengan demikian, program ini dapat membantu lebih banyak lagi keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dan sejahtera.

"Kemitraan Prudential Syariah dan Fatayat NU ini mencakup pelaksanaan program literasi dan inklusi keuangan syariah bagi jutaan perempuan muda anggota Fatayat NU serta program Community Investment yang meliputi edukasi kesehatan dan keselamatan yang diprioritaskan untuk perempuan Indonesia" ujar Omar, di Jakarta, Jumat (4/8).

Baca juga : Gandeng China Huadian, Bukit Asam (PTBA) Kembangkan Energi Terbarukan

Ketua Umum Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah mengatakan, pihaknya yang beranggotakan 10 juta perempuan muda

berusia 25-45 tahun, telah aktif bergerak di berbagai bidang, termasuk keagamaan, ekonomi, dan sosial. Fatayat NU sangat menyambut baik kerja sama dengan Prudential Syariah ini.

"Bagi kami, langkah ini dapat mendukung misi bersama dalam memberdayakan perempuan muda Indonesia, khususnya Sahabat Fatayat dalam meningkatkan pemahaman literasi dan inklusi keuangan Syariah di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : BSI Gandeng Toyota Astra Finance Syariah, Kerja Sama Pembiayaan Modal Kerja Senilai Rp 1,5 Triliun

Fokus peningkatan literasi keuangan bagi perempuan ini telah digiatkan sejak sekitar 10 tahun lalu di Indonesia dengan dipandu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Upaya kolektif tersebut membuahkan hasil, yakni angka literasi keuangan perempuan yang meningkat secara signifikan. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022, tingkat literasi keuangan perempuan meningkat sebesar 14 persen dari 2019, yakni menjadi 50,33 persen.

Di Indonesia, kontribusi perempuan terhadap perekonomian terlihat di sektor UMKM. Sebanyak 53,76 persen pemilik UMKM di Indonesia merupakan perempuan, dengan 97 persen karyawannya juga merupakan perempuan. Hal ini telah berhasil memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar 61 persen.

Pencapaian ini menjadi salah satu semangat Fatayat NU dan Prudential Syariah untuk mendukung kapabilitas para perempuan dalam mengambil keputusan keuangan yang bijaksana, mengelola pendapatan dengan efisien, dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Baca juga : Ganjar Sejati Perkuat Potensi Pemasaran UMKM Di Indramayu

Dengan menyadari pentingnya peran perempuan dalam hal ini, Prudential Syariah berkomitmen untuk terus dapat memberdayakan perempuan Indonesia dan membekali mereka dengan literasi dan inklusi keuangan. Beberapa program Community Investment telah dilaksanakan bersama dengan Prudential Indonesia, seperti menyelenggarakan pelatihan pengelolaan keuangan bagi para ibu rumah tangga di Desa Maju Prudential, Desa Mauk, Tangerang. Lebih dari itu, sepanjang 2022, program literasi keuangan untuk perempuan yang dilaksanakan Prudential di Indonesia telah menjangkau lebih dari 11 juta masyarakat Indonesia, baik secara luring maupun daring.

"Kolaborasi dengan Fatayat NU ini merupakan manifestasi dari nilai tolong-menolong yang menjadi prinsip utama asuransi Syariah. Ke depannya, kami akan terus membuka kolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat menjangkau lebih banyak lagi keluarga Indonesia dalam mendapatkan solusi perlindungan yang komprehensif, halal dan penuh berkah,” tutup Omar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.