Dark/Light Mode

Data Penumpang Malindo Air Bocor, Pelanggan Malindo Miles Diminta Ganti Password

Rabu, 18 September 2019 16:55 WIB
Ilustrasi pesawat Malindo Air (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pesawat Malindo Air (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malindo Air, anak perusahaan Lion Air Group, akhirnya memberikan keterangan resmi soal bocornya data penumpang.

Maskapai Malaysia yang terhubung langsung di KLIA dan KL Subang Skypark di Selangor, Malaysia ini mengungkapkan kemungkinan adanya penyalahgunaan data pribadi penumpang, yang disimpan (hosted on) di lingkungan berbasis cloud,  oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

"Saat ini, tim internal Malindo Air bersama penyedia layanan data eksternal, Amazon Web Services (AWS) dan GoQuo sebagai mitra e-commerce saat ini sedang menyelidiki atas hal tersebut," kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resminya, Rabu (17/9).  

Baca juga : Batik Air Hadirkan Penerbangan Langsung Denpasar-Labuan Bajo

"Kami bekerja sama dengan konsultan cybercrime independen, melaporkan dan menyelidiki kejadian ini," imbuhnya.

Danang menegaskan, Malindo Air sudah mengambil dan melakukan langkah-langkah tepat, untuk memastikan agar data penumpang tidak terganggu. Sesuai Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Malaysia 2010 (Malaysian Personal Data Protection Act 2010).  

Dalam kaitan tersebut, Malindo Air menyatakan, pihaknya tidak menyimpan rincian pembayaran setiap penumpang atau pelanggan di dalam server.

Baca juga : Gandeng Raja Malaysia, Jokowi Bersiap Melawan Diskriminasi Sawit Eropa

Sejauh ini, Malindo Air selalu mematuhi ketentuan Standar Kartu Pembayaran Industri dan Standar Keamanan Data (Payment Card Industry/ PCI - Data Security Standard/ DSS).  

Dalam menjalankan kegiatan bisnis dan operasionalnya, Malindo Air patuh terhadap semua aturan, kebijakan, ketentuan dari berbagai otoritas. Baik lokal maupun luar negeri (internasional). Termasuk, CyberSecurity Malaysia.  

"Untuk tindakan pencegahan, Malindo Air mengimbau dan menyarankan kepada seluruh penumpang atau pelanggan yang memiliki akun Malindo Miles, agar segera mengubah kata sandi atau password, jika kata sandi yang digunakan sama layanan yang lain secara online," tutur Danang.  

Baca juga : Makin Seru, Real Madrid Dekati Neymar Jr

Selanjutnya, Malindo Air akan terus memberikan keterangan lebih lanjut melalui website, seluler (mobile) dan media sosial. [HES]  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.