Dark/Light Mode

Menkop Teten Jempolin Gelaran BNI UMKM Festival

Rabu, 9 Agustus 2023 21:41 WIB
Menkop UKM Teten Masduki tengah dan Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan kedua kiri di gelaran BNI UMKM Festival di The Grand Ballroom Gumaya Hotel, Semarang, Selasa (8/8). (Foto: Dok. BNI)
Menkop UKM Teten Masduki tengah dan Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan kedua kiri di gelaran BNI UMKM Festival di The Grand Ballroom Gumaya Hotel, Semarang, Selasa (8/8). (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi salah satu faktor pendorong pada masa pemulihan ekonomi pasca pasca pandemi Covid-19.

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dengan kontribusi 99 persen terhadap total kegiatan bisnis.

Baca juga : Telkom Perkuat Skema Bisnis Konsinyasi Logee UMKM Digital

Bahkan, sektor ini mampu menyerap 97 persen tenaga kerja, atau sekitar 117 juta pekerja, dan menyumbang 60 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) total UMKM di Indonesia tembus 8,71 juta unit usaha pada 2022.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Ibu Indonesia, Teman Bumil Gelar Mums Festival

Namun, UMKM masih menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya keterbatasan akses permodalan, akses pasar yang kurang, keterbatasan sumber daya manusia terampil, hingga belum optimalnya penggunaan teknologi.

UMKM membutuhkan kolaborasi dukungan dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah hingga lembaga keuangan, termasuk perbankan.

Baca juga : Menkop Teten: JakCloth Summerfest Reload Perkuat Industri Fesyen UMKM

Dengan dukungan tersebut, diharapkan UMKM dapat memperluas usaha mereka tidak hanya skala lokal namun juga skala global.

Untuk itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI berkerja sama dengan Bisnis Indonesia mempersembahkan program eksklusif bagi para pelaku UMKM di Indonesia bertajuk BNI UMKM Festival.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.