Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Menkop Teten: JakCloth Summerfest Reload Perkuat Industri Fesyen UMKM

Kamis, 6 Juli 2023 21:32 WIB
Gelaran JakCloth Summerfest Reload di Senayan, Jakarta. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Gelaran JakCloth Summerfest Reload di Senayan, Jakarta. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Event lokal clothing terbesar di Indonesia, JakCloth Summerfest Reload kembali digelar 5-9 Juli 2023 di Senayan, Jakarta.

JackCloth merupakan wadah bagi inovasi, inspirasi, dan kolaborasi luar biasa para pelaku UMKM bidang fesyen.

"JakCloth bukan lagi hanya sebuah event, melainkan platform, bahkan agregator produk fashion terbaik lokal," kata Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki pada pembukaan JakCloth Summerfest Reload di Jakarta, Rabu (5/7) sore.

Ia mengatakan, JakCloth telah menjadi event lokal clothing terbesar di Indonesia yang mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Baca juga : JakCloth Reload Summerfest, Berburu Diskon hingga 90 Persen

Kemenkop UKM memberikan dukungan pembiayaan melalui KUR dalam pembelian bahan baku kolektif, produksi bersama, gudang bersama, sampai dengan pembelian booth di event JakCloth agar UMKM semakin bisa mengakses pasar.

“Dukungan ini merupakan bentuk nyata bagaimana pemerintah juga merespon kebutuhan UMKM di Indonesia,” ujarnya.

Teten menyebut, industri fesyen memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Sebanyak 18 persen dari perolehan PDB Indonesia berasal dari sektor ini dan menyumbang 66 persen dari total nilai ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia.

"Angka-angka ini membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh industri fesyen di Indonesia, dan JakCloth hadir sebagai wujud nyata dari keberhasilan ini. Perputaran ekonomi yang terjadi di setiap acara JakCloth dapat mencapai hingga miliaran rupiah,” ungkapnya.

Baca juga : Menperin Targetkan Kontribusi Industri Ke PDB Capai 20 Persen

Pada acara Lebaran Tour, JakCloth bekerja sama dengan ribuan UMKM Clothing untuk mengunjungi 13 kota besar di Indonesia.

Banjarmasin, Malang, Bekasi, Samarinda, Lampung, Surabaya, dan kota-kota lainnya menjadi saksi perkembangan pesat industri fashion di Indonesia.

Setiap acara JakCloth melibatkan lebih dari 300 brand UMKM lokal dengan transaksi mencapai Rp 200 miliar.

Tak bisa ditampilkan, acara ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi UMKM yang terlibat, mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat yang lebih luas.

Baca juga : Khofifah Targetkan Jatim Jadi Pusat Industri Halal RI

"Di sinilah peran agregator sebagai kunci mengonsolidasikan naik kelasnya UMKM Indonesia,” jelas Teten.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.