Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

UMKM Nasional Expo, Kemenkop UKM Ajak 300 Pelaku Usaha Bertransformasi

Kamis, 10 Agustus 2023 17:45 WIB
Pembukaan UMKM Nasional Expo 2023 di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/8). (Foto: dok. Kemenkop UKM)
Pembukaan UMKM Nasional Expo 2023 di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/8). (Foto: dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang perayaan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus mendatang, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta dan Bank Indonesia (BI) menggelar UMKM Nasional Expo.

Kemenkop UKM berkomitmen untuk menciptakan UMKM naik kelas yang mampu bertransformasi menuju UMKM masa depan.

Baca juga : Kemenkop UKM Dorong Transformasi UMKM Masa Depan

Perayaan Hari UMKM Nasional dimulai dengan menggelar rangkaian acara UMKM Nasional Expo yang berlangsung dari 10-13 Agustus 2023 yang melibatkan 300 pelaku usaha dari seluruh Indonesia.

Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengapresiasi dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Surakarta yang telah bersinergi menginisiasi penyelenggaraan UMKM Nasional Expo 2023.

Baca juga : Pertamina Bantu UMKM Binaan Perluas Pasar Dalam Negeri

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi platform bagi para pelaku UMKM Indonesia untuk memamerkan produk dan jasa unggulannya. Serta yang terpenting bagaimana menghadirkan UMKM yang transformasi ke masa depan seperti teknologi,” jelas Arif dalam Pembukaan UMKM Nasional Expo 2023 di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/8).

Ia menegaskan, UMKM mempunyai peranan strategis dalam perekonomian Indonesia, di antaranya karena kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor, dimana terdapat kurang lebih 64,2 juta unit usaha merupakan UMKM.

Baca juga : Hari UMKM Nasional, Kemenkop UKM Siap Bawa Model UMKM Masa Depan

Selain itu, peran besar UMKM dalam peningkatan nilai perekonomian Indonesia juga terlihat sebagai penyedia lapangan kerja yang terbesar atau sebesar 97 persen serta sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor nonmigas 14,4 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.