Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gus Muhaimin Ajak Pelaku Usaha Terlibat Dalam Pembangunan Kawasan Transmigrasi

Selasa, 16 Mei 2023 22:14 WIB
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin). (Dok. Kemendes PDTT)
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin). (Dok. Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Investasi memiliki peran penting dalam program transmigrasi modern model transpolitan. Dengan adanya investasi, maka program transmigrasi modern dapat dijalankan dengan lebih efektif dan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan penduduk di wilayah transmigrasi.

“Alhamdulillah hari ini tadi kita menyaksikan penandatanganan pihak swasta dengan pemerintah untuk terlibat. Kedepan Pemerintah tidak mungkin sendiri hanya mengandalkan APBN. Tentu kita harus inovatif dan kreatif,” ujar Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin ini saat menghadiri Rakornas Transmigrasi dan Pembekalan Mahasiswa KKN, yang digelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (16/5/2023).

Menurut Gus Muhaimin, dunia bisnis dan swasta telah berperan dalam berbagai hal serta telah banyak membuka peluang bagi dunia bisnis untuk berinvestasi di wilayah tersebut.

Dalam jangka panjang, keterlibatan dunia bisnis dan swasta juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat transmigran dan masyarakat sekitar, serta memberikan dampak positif terhadap pembangunan ekonomi nasional secara keseluruhan.

Baca juga : DPR: Transpolitan Percepat Pembangunan Kawasan Transmigrasi

Oleh karena itu, kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia bisnis/swasta menjadi penting dalam menjalankan program transmigrasi.

“Saya menyaksikan berbagai kemajuan transmigrasi salah satunya adalah keterlibatan dunia bisnis dan usaha,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Wakil Ketua DPR ini mengajak seluruh dunia bisnis maupun swasta untuk terus terlibat dalam pembangunan transmigrasi.

”Kepada seluruh pihak utama dunia usaha saya mengajak dan menghimbau agar tidak pernah berhenti terlibat dan menjadi bagian dari transmigrasi,”pungkasnya.

Baca juga : Apresiasi Transpolitan, Gus Muhaimin Paparkan Keberhasilan Transmigrasi

Sebagai informasi, transpolitan adalah sebuah konsep transmigrasi modern yang dikembangkan oleh Kemendes PDTT bersama Pakar Akademisi UGM dengan basis kolaborasi pentahelix profesional dan penerapan teknologi.

Dalam Transpolitan model transmigrasi akan berbasis ekonomi digital dan bertumpu pada peningkatan SDM.

Warga transmigran nantinya akan dibekali dengan berbagai teknologi terkini agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Selain dihadiri oleh ribuan mahasiswa UGM peserta KKN, Rakornas ini juga dihadiri sejumlah tokoh.

Baca juga : Menteri Gus Halim Dorong Kepemilikan Lahan Transmigran Secara Komunal

Antara lain Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Pejabat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Perwakilan Rektor UGM, serta Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.