Dark/Light Mode

Menkeu: Kinerja APBN Juli 2023 Terjaga Positif, Surplus Rp 153,5 Triliun

Jumat, 11 Agustus 2023 15:01 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/8). (Foto: YouTube)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/8). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan, kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tetap terjaga positif. Per Juli 2023, surplus Rp 153,5 triliun.

Pendapatan dan belanja negara, tumbuh positif dan solid dalam menjaga pemulihan ekonomi dan melindungi masyarakat.

Baca juga : Kinerja Moncer PTPN Group Berdampak Positif Pada PalmCo Dan SupportingCo

"Sampai Juli 2023, APBN kita, dari sisi pendapatan negara, mencapai Rp 1.614,8 triliun. Ini artinya, kita sudah mengumpulkan 65,6 persen dari target tahun ini. Cukup baik, sangat kuat. Tumbuh 4,1 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu," papar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/8).

Sementara belanja negara, telah mencapai angka Rp Rp 1.461,2 triliun atau 47,7 persen dari pagu. Meningkat 1,2 persen dibanding belanja pada tahun lalu.

Baca juga : Perluas Pasar, PaDi UMKM Raih Transaksi Rp 7,5 Triliun

"Secara keseluruhan, APBN masih dalam surplus di angka Rp 153,5 triliun. Atau 0,72 persen dari Produk Domestik Brutto (PDB). Dari sisi keseimbangan primer, surplus Rp 394,5 triliun," jelas Sri Mulyani.

Keseimbangan primer adalah selisih dari total pendapatan negara dikurangi belanja negara, di luar pembayaran bunga utang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.