Dark/Light Mode

AP II Cetak Laba Rp 431,53 M Pada Semester I-2023

Sabtu, 12 Agustus 2023 15:04 WIB
Kesibukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Ist)
Kesibukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) genap berusia 39 tahun. Di usia yang ke-39 tahun ini AP II telah berhasil meraih berbagai pencapaian. Salah satunya peningkatan laba bersih.

“Pencapaian AP II saat ini tidak lepas dari keberhasilan transformasi digital dijalankan, dan menjadi modal penting bagi AP II untuk terus dapat bertumbuh ke depannya,” jelas Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin, Sabtu (12/8).

Transformasi digital dijalankan di bandara-bandara AP II, antara lain dengan dioperasikannya gedung Airport Operation Control Center (AOCC) yang dilengkapi teknologi terkini sehingga dapat mendorong keberhasilan implementasi Airport Collaborative Decision Making (ACDM). ACDM menjadi solusi bagi seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta untuk dapat berkolaborasi demi operasional penerbangan yang lebih baik. 

Baca juga : Sukses Transformasi, PIS Cetak Laba Rp 2,1 T Pada Semester I-2023

AP II juga memiliki aplikasi internal iPerform untuk memonitor operasional bandara secara real time, termasuk pergerakan pesawat dan jumlah penumpang pesawat. “Melalui digitalisasi ini AP II berhasil mengakomodir dan mengelola tingginya permintaan penerbangan pasca-pandemi, serta mengoptimalkan lini operasional di bandara,” ujar Awaluddin. 

Sementara di aspek pelayanan, keberhasilan AP II terlihat dari berbagai penghargaan global seperti misalnya staf di Bandara Soekarno-Hatta dinilai sebagai salah satu terbaik di dunia dengan meraih posisi 9 pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada kategori World’s Best Airport Staffdi ajang Skytrax World Airport Award 2022. 

“Transformasi digital juga diterapkan di aspek pelayanan, seperti misalnya AP II meluncurkan aplikasi Travelin sebagai upaya kami agar digitalisasi yang dilakukan di bandara AP II dapat langsung dirasakan masyarakat melalui smartphone” ungkap Awaluddin. 

Baca juga : Bos BNI Yakin Semua Sektor Ekonomi Bangkit Di Semester II 2023

Keberhasilan mengelola dan mengakomodir tingginya permintaan penerbangan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat, menjadikan laba AP II pada Semester I-2023 naik. 

Pada Semester I-2023, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 38,73 juta penumpang, dan berdasarkan laporan keuangan unaudited, sepanjang Januari-Juni 2023 AP II membukukan pendapatan Rp 5,72 triliun atau meningkat sekitar 63 persen dibandingkan dengan Januari - Juni 2022 sebanyak Rp 3,50 triliun. 

Sejalan dengan peningkatan pendapatan, pada Januari-Juni 2023, AP II berhasil mencetak laba bersih Rp 431,53 miliar. Hal ini berbanding terbalik dari sebelumnya rugi bersih Rp 821,37 miliar pada periode yang sama tahun lalu. 

Baca juga : BNIDirect Tembus 138.000 User Per Semester I-2023

Awaluddin menuturkan pencapaian AP II pada Semester I-2023 ini menjadi pondasi bagi AP II untuk terus tumbuh ke depannya. “Fundamental AP II pada tahun ini semakin kokoh untuk terus tumbuh,” jelas Awaluddin. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.