Dark/Light Mode

Optimalkan Pasar Umrah DIY dan Jawa Tengah

Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan Langsung Yogyakarta-Jeddah

Minggu, 13 Agustus 2023 08:35 WIB
Jemaah umrah bersiap terbang ke Tanah Suci dalam penerbangan perdana Garuda Indonesia Yogyakarta-Jeddah, di New Yogyakarta International Airport, Sabtu (12/8). (Foto: Garuda Indonesia)
Jemaah umrah bersiap terbang ke Tanah Suci dalam penerbangan perdana Garuda Indonesia Yogyakarta-Jeddah, di New Yogyakarta International Airport, Sabtu (12/8). (Foto: Garuda Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia terus memperkuat pangsa pasar umrah dengan perluasan jaringan penerbangan Timur Tengah. Sabtu (12/8) Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Yogyakarta. Pada penerbangan perdana tersebut, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 215 calon jemaah.

Layanan penerbangan langsung tersebut dilaksanakan melalui rute penerbangan Yogyakarta-Jeddah (pp), yang dilayani dengan armada A330-300. Dengan beroperasinya rute penerbangan tersebut, saat ini Garuda Indonesia menjadi satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Yogyakarta dan Jawa Tengah (Jateng) ke Tanah Suci.

Baca juga : Surveyor Indonesia Tingkatkan Peran Pengembangan Ekonomi Nasional

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pembukaan rute penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Yogyakarta merupakan upaya Garuda Indonesia untuk mengoptimalkan peluang pasar umrah dari DIY dan Jawa Tengah. Hal ini sekaligus merupakan manifestasi dari komitmen besar untuk menghadirkan konektivitas serta pelayanan terbaik bagi masyarakat Muslim dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, yang ingin melakukan perjalanan ibadah menuju Tanah Suci

“Pengoperasian rute penerbangan Yogyakarta-Jeddah (pp) ini merupakan salah satu bentuk langkah perusahaan untuk terus menjawab kebutuhan masyarakat untuk dapat melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci secara aman dan nyaman tanpa melalui transit ke kota atau negara lain. Kami harapkan ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi para jemaah, khususnya mereka yang berusia lanjut,” papar Irfan, dalam keterangan yang diterima RM.id, Minggu (13/8).

Baca juga : Mulai Hari Ini, Garuda Layani Penerbangan Langsung Ke Tanah Suci Dari Banda Aceh

Irfan melanjutkan, pembukaan rute penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Yogyakarta ini merupakan salah satu strategi pengembangan jaringan yang dilaksanakan Perusahaan. Khususnya dalam mengoptimalkan pangsa pasar umrah.

Pada Agustus hingga September mendatang, Garuda Indonesia secara bertahap membuka rute penerbangan umrah langsung dari lima kota besar. Yaitu Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, dan Kertajati. Hal ini juga akan didukung dengan penambahan frekuensi penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah dan Madinah.

Baca juga : Sasar Pasar Premium, Sharp Indonesia Resmi Kenalkan AQUOS XLED 4K TV

Penerbangan langsung Yogyakarta-Jeddah akan dilayani sebanyak satu kali per pekan, yaitu pada Sabtu, yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Yogyakarta dengan GA-942 pada pukul 11.05 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada pukul 17.25 waktu setempat. Penerbangan kembali ke Yogyakarta akan dilayani dengan GA-943 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, pukul 19.25 waktu setempat dan dijadwalkan mendarat kembali di Bandara Internasional Yogyakarta pada pukul 10.25 WIB keesokan harinya. 

Irfan menyatakan, hadirnya penerbangan ini diharapkan tidak hanya dapat menjembatani kebutuhan masyarakat atas layanan penerbangan ke Tanah Suci yang aman dan nyaman dengan waktu tempuh yang efisien. Namun juga ke depannya diharapkan dapat mendukung penguatan ekosistem industri umrah, sehingga dapat meningkatkan perekonomian Yogyakarta dan daerah sekitarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.