Dark/Light Mode

Rayakan Pekan QRIS Nasional 2023

BI DKI Gelar Festival Kuliner Di Lippo Mall Puri

Senin, 14 Agustus 2023 17:09 WIB
BI DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Kuliner di Lippo Mall Puri dari 14 sampai 27 Agustus. (Foto: Ist)
BI DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Kuliner di Lippo Mall Puri dari 14 sampai 27 Agustus. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan awareness dan akseptasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023. Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia selama sepekan, 14-20 Agustus 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Arlyana Abubakar mengatakan, BI DKI Jakarta turut andil dalam PQN 2023 dengan tema “Wujudkan Semangat 45! QRISnya Satu, Menangnya banyak!”. 

“Di Jakarta kita ada beberapa rangkaian event. Seperti hari ini ada Festival Kuliner di Lippo Mall Puri dari 14 sampai 27 Agustus,” kata Arlyana saat mengunjungi Festival Kuliner Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Senin (14/8).

Baca juga : Santri Ganjar Gelar Doa Bersama Hingga Lomba Di Ponpes Darussalam

Festival Kuliner ini berkolaborasi dengan Yukk, Payment Gateway dan Lippo Mall Puri. Di Lippo Mall Puri ini juga akan dilakukan Pencanangan QRIS dan Puncak Acara PQN 2023 DKI Jakarta pada 20 Agustus 2023.

Selain di Lippo Mall Puri, BI DKI Jakarta juga menggelar QRIS Experience di area PIK Pantjoran, 14-20 Agustus 2023. Kemudian, Showcase & QRIS Experience Digitalisasi Integrasi Moda Transportasi Jakarta di Istora Senayan, 18-20 Agustus 2023.

“Nanti kita dengan Jaklingko, bisa coba pembayaran melalui QRIS Experience Digitalisasi Integrasi Moda Transportasi, seperti Transjakarta, LRT dan MRT,” jelas Arlyana.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung Di Kota Bandung

Diungkap Arlyana, pengguna dan transaksi QRIS di Jakarta tumbuh signifikan sejalan dengan perubahan perilaku masyarakat untuk bertransaksi secara digital dan terselenggaranya secara masif event-event di Ibu Kota. Per Juni 2023, total pengguna QRIS di Jakarta mencapai lebih dari 5,1 juta, meningkat 21 persen secara YoY. Sedangkan jumlah merchant QRIS di Jakarta ada 4,7 juta. 

Adapun kontribusi QRIS berdasarkan wilayah, Jakarta Selatan 2.127.700 (45 persen), Jakarta Timur 838.569  (18 persen), Jakarta Pusat 741.719 (16 persen), Jakarta Barat 607.689 (13 persen), Jakarta Utara 454.963 (10 persen) dan Kepulauan Seribu 2.759 (0,1 persen).

Stevanus Rahardja, CEO PT Yukk Kreasi Indonesia mengatakan, PQN ini menjadi wadah untuk mensosialisasikan sistem pembayaran digital, yakni QRIS. Di Festival Kuliner Lippo Mall Puri ini pihaknya menggandeng 64 tenant yang seluruhnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga : BI DKI Jakarta Gelar Nyook Pake QRIS Di Mall Lippo Plaza Kramat Jati

“Kita juga membantu untuk bisa menyelaraskan QRIS kepada masyarakat, tenant-tenant semua menggunakan QRIS,” kata Stevanus.

Martina Julia Astrioni, Casual Leasing Manager Lippo Mall Puri menuturkan, pihaknya mendorong penggunaan pembayaran non tunai. “Kita di sini ada 350 tenant dan bazar yang diadakan setiap minggunya, semua cashless, salah satunya QRIS,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.