Dark/Light Mode

Dukung Transformasi Digital, BDDC Gencar Bangun Data Sistem

Selasa, 15 Agustus 2023 20:36 WIB
BDDC dibangun dengan interkonektivitas tinggi serta didukung standar operasional dan sistem keamanan. (Foto: Istimewa)
BDDC dibangun dengan interkonektivitas tinggi serta didukung standar operasional dan sistem keamanan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Kita melakukan pembangunan-pembangunan data center baik di lokasi yang sekarang ini kita miliki hingga bisa mencapai lebih dari 60 MW, juga di lokasi-lokasi baru yang kita lihat potensi pasarnya bagus," ujarnya.

Yudha menyebut, ada banyak jenis data center yang ada di pasaran. Namun ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan konsumen saat memilih data Center.

Pertama, Ekosistem Interkonektivitas: pastikan bahwa layanan dan aplikasi digital tersedia 24 jam full.

Baca juga : Metranet Telkom Dukung Percepatan Transformasi Digital Industri Pangan

Kedua, Skala dan Fleksibilitas: pilih data center yang dapat dikembangkan untuk memperluas dan mengakomodasi pertumbuhan data dan pengguna yang terus meningkat.

Ketiga, Keterandalan dan Redundansi: menawarkan kemampuan redundansi dan pemulihan bencana, yang memungkinkan bisnis untuk terus beroperasi bahkan dalam menghadapi kejadian tak terduga.

Terakhir, Dampak Lingkungan: pilih penyedia data center yang mengadopsi teknologi hemat energi, memanfaatkan sumber energi alternatif, dan menerapkan strategi pendinginan untuk meminimalkan jejak emisi karbon.

Baca juga : Dorong Transisi Energi, Ganjar Berikan Kapal Listrik Bagi Nelayan

BDDC, lanjut dia, merupakan salah satu data center yang dibangun di lokasi strategis di Jakarta yang menawarkan lingkungan yang aman, andal, dan memiliki skalabilitas untuk penyimpanan dan pemrosesan data.

BDDC juga berkomitmen untuk melanjutkan dan telah menerapkan berbagai teknologi hemat energi untuk mengurangi dampak lingkungannya.

“Seiring dengan perkembangan teknologi, BDDC akan tetap berada di garis depan, memberdayakan inovasi dan mendorong transformasi digital masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Baca juga : Dorong Transisi Energi, Ganjar Jadikan Cilacap Pilot Project Kapal Listrik

Menurut Yudha, sampai saat ini transformasi digital membutuhkan berbagai layanan teknologi serta inovasi.

"BDDC selalu terbuka untuk bekerja sama dengan penyedia teknologi di Indonesia maupun global untuk memberikan solusi terbaik dan menyeluruh bagi semua pelanggan kami,” tandas Yudha.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.