Dark/Light Mode

Pertamina Innovation Borong Banyak Award di Istanbul International Invention Fair 2019

Minggu, 22 September 2019 21:27 WIB
Tim Pertamina Innovation yang berlaga di kompetisi inovasi internasional ISIF 2019 di Istanbul. (Foto: Istimewa)
Tim Pertamina Innovation yang berlaga di kompetisi inovasi internasional ISIF 2019 di Istanbul. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia melalui Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) mengirimkan delegasi terbaiknya ke ajang kompetisi inovasi internasional ISIF 2019 di Istanbul. Acara yang dilaksanakan pada 17-22 September 2019 itu diikuti sekitar 300 karya inovasi dan 25 negara. Di antaranya Rusia, Portugal, Malaysia, Romania, Lebanon, Iran, Indonesia, Polandia, China, Moroko, Inggris, dan negara bagian Eropa lainnya.  ISIF Turkey 2019 Tahun ini menjadi rangkaian acara pameran pesawat terbang tersebar yaitu Technofest. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Turkish Patent and Trademark Office dan Ministry of Industry and Technology Republic of Turkey.

Indonesia diwakili 8 Tim dari berbagai Institusi dan juga perusahaan. Empat tim di antaranya yaitu dari PT Pertamina (Persero). Pertamina, dengan nama tim "Pertamina Innovation” membawa karya inovasi yang sudah diaplikasikan di berbagai anak perusahaan untuk diperkenalkan ke Pameran dan Kompetisi Internasional ISIF 2019. 

Baca juga : Pertamina Borong 12 Penghargaan The Best Contact Center Indonesia 2019

“Ajang ini sangat tepat bagi para inovator Indonesia karena acaranya selalu dihadiri sekitar 6.000-10.000 visitor setiap harinya. Tentu ini memberikan peluang yang cukup besar bagi para inovator Indonesia untuk melakukan “transfer technology” atau bahkan mendapatkan investor. Tidak sedikit visitor yang tertarik dengan produk-produk inovasi yang dipamerkan oleh Tim Pertamina Innovation maupun Tim Indonesia lainnya” ucap Winda, Ketua Delegasi dari INNOPA di ajang ISIF 2019, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (22/9).

Empat Inovasi yang Pertamina Innovation membawa empat inovasi. Pertama, “Pneumatic Slip Lifter (PSL) - I-Prove Slip”. Ini adalah peralatan yang digunakan untuk mengoperasikan slip putar 100 kilogram dalam jarak 2,5 meter dengan hanya satu orang menendang katup pedal pneumatik, sehingga roughneck tidak perlu mengoperasikan slip putar dengan menaikkan dan menurunkan kontak secara manual atau tidak langsung dengan peralatan.

Baca juga : Pertamina EP Borong Penghargaan ISDA 2019

Kedua, “Geochemical-Adsorben Survey Tools Technology- PC Prove PertaGASTECH”. Ini adalah inovasi alat survei geokimia untuk memetakan prospek panas bumi, termasuk energi panas bumi tersembunyi menggunakan adsorben dan membran karbon aktif di wilayah eksplorasi panas bumi. 

Ketiga, “Skidding Modular Crane with Smart Boom Basket-PC Prove Laut Biru”. Ini adalah struktur keranjang yang digunakan untuk membawa atau melindungi crane boom modular, yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai media pemasangan crane modular di anjungan oli lepas pantai

Baca juga : Ini 10 Besar Nominasi IndoHCF Innovation Awards III-2019 

Keempat, "SAMS" (Seamless Asset Management System-PC Prove SAMS). Yaitu sebuah aplikasi android yang terhubung dengan aplikasi MySAP untuk sistem manajemen aset di Pertamina.

Berkat inovasi-inovasi tersebut, Pertamina Innovation berhasil membawa 1 Best International Invention Award, 2 Gold medal, 1 Silver, dan juga special award dari berbagai asosiasi inovasi dunia. Tim Pertamina Innovation juga berhasil mempertahankan gelar Best International Invention Award 2 tahun berturut-turut yang mana sebelumnya di ajang ISIF 2018 Pertamina Innovation juga menyumbangkan predikat “Best International Invention Award”. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.