Dark/Light Mode

Resmi Beroperasi, Ini Tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta

Rabu, 8 Mei 2019 15:06 WIB
Dirut PT KAI Edi Sukmoro. (Foto: Net)
Dirut PT KAI Edi Sukmoro. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan kereta api (KA) ke Bandara Internasional Yogyakarta seiring dengan mulai beroperasinya bandara tersebut pada Senin (6/5). Keberadaan kereta ini akan memudahkan masyarakat Yogyakarta menuju bandara baru tersebut.

“Angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta ini kami maksudkan agar masyarakat dapat mengandalkannya sebagai moda transportasi terintegrasi, sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta, kemarin.

KA Bandara Internasional Yogyakarta melayani rute Stasiun Maguwo-Wojo pulang pergi (pp). Kereta tersebut memiliki pemberhentian di empat stasiun, yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo. 

Baca juga : JK Puji Bandara Internasional Yogyakarta

Menurut dia, KA bandara ini menempuh jarak 49,1 kilometer (km) dengan durasi perjalanan selama 47 sampai 51 menit. Sesampainya di Stasiun Wojo, penumpang dapat menggunakan Bus Damri untuk menuju Bandara Internasional Yogyakarta. Dengan jarak 6 km, perjalanan dari Stasiun Wojo dapat ditempuh selama 10 hingga 12 menit. 

Adapun, jadwal perjalanan KA Bandara Internasional Yogyakarta dari Maguwo–Yogyakarta–Wates–Wojo dimulai pukul 10.40 WIB tiba di Yogyakarta pukul 10.49 WIB dan berangkat pukul 10.52 WIB, tiba di Wates pukul 11.13 WIB kembali berangkat pukul 11.15 WIB, hingga tiba di Wojo pada pukul 11.26 WIB.

Sedangkan keberangkatan dari Wojo–Wates–Yogyakarta–Maguwo dimulai pukul 14.04 WIB tiba di Wates pukul 14.15 WIB, kembali berangkat pukul 14.17 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 14.43 WIB. Dan berangkat pukul 14.46 WIB menuju Maguwo dan diperkirakan tiba pada pukul 14.55 WIB.

Baca juga : Mulai Berlaku, Ini Daftar Tarif Ojol Baru

"Jadwal dari KA Bandara ini masih dapat bertambah dengan menyesuaikan jadwal penerbangan yang ada di Bandara Internasional Yogyakarta," katanya.

Selain itu, rute KA Bandara Internasional Yogyakarta ini juga merupakan rute sementara sambil menunggu pembangunan jalur KA dari Stasiun Kedundang menuju Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta selesai. Jika sudah selesai, nantinya penumpang dapat langsung turun di bandara, tanpa perlu berpindah moda.

Guna meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta, KAI memberikan tarif promo sebesar Rp 15.000 untuk keberangkatan tanggal 6-9 Mei 2019. "Sesudah masa promo, tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta sama dengan tarif KA Solo Ekspress yaitu Rp 30.000 untuk 0-66 km dan Rp 40.000 untuk jarak lebih dari 66 km," akunya.

Baca juga : Kemensos Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Jakarta

Sedangkan tarif Bus menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Perum Damri masih menggratiskannya hingga 12 Mei 2019. Lalu setelahnya akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000. Ia menambahkan, sarana KA Bandara Yogyakarta menggunakan rangkaian KRDE dengan kapasitas 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri, sehingga totalnya adalah 396 penumpang dalam satu rangkaian KA. 

"Untuk total kapasitas per hari sebanyak 792 penumpang dengan asumsi melayani dua kali penerbangan Citilink. Di dalam kereta, penumpang akan dimanjakan dengan penyejuk ruangan (AC), televisi, toilet, ruang penyimpanan koper dan barang, serta USB Port untuk mengisi daya smartphone," ungkapnya.

Untuk menunjang kenyamanan penumpang KA Bandara Internasional Yogyakarta, pihaknya juga  telah memperbaiki ruang tunggu penumpang di keempat stasiun yang dilalui, seperti area dan kursi tunggu yang nyaman, toilet standar bintang lima, TV, Charging Corner, AC,dan fasilitas penunjang lainnya. [IMA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.