Dark/Light Mode

Ganjar Apresiasi Pemuda Muhammadiyah Manfaatkan Bonus Demografi Lewat Pendidikan

Jumat, 25 Agustus 2023 19:21 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkapkan peran besar Pemuda Muhammadiyah dalam memanfaatkan bonus demografi Indonesia lewat sektor pendidikan.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam sambutannya pada pembukaan Rapimwil PP Muhammadiyah Jateng di Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Kota Semarang, Jateng, Jumat (25/8).

“Apakah bonus demografi bisa kita menej sehingga bisa menjadi deviden keuntungan untuk bangsa? Dan itu ada pada tradisi Muhammadiyah, yakni pendidikan. Tinggal gaspol di pendidikan,” ujar Ganjar.

Baca juga : Unas Perkuat Kerja Sama dengan Baznas Melalui Program Beasiswa Cendekia

Selama dua periode kepemimpinannya di Jateng sejak tahun 2013, Ganjar sering mengajak diskusi PP Muhammadiyah untuk membahas pembangunan dan pendidikan.

Menurut Ganjar, Pemuda Muhammadiyah memiliki tradisi ilmu pengetahuan dan teknologi yang bagus dalam membantu pembangunan Jateng. Terlebih, banyak fasilitas yang menunjangnya.

“Selama ini kami merasa terbantu bicara kepemudaan dengan kawan-kawan dari PP Muhammadiyah. Banyak sekali sekolah dan perguruan tinggi yang berkemajuan juga. Visinya juga bagus untuk bangsa dan negara ini,” beber Ganjar.

Baca juga : 13 Agustus Diusulkan Jadi Hari Pers Muhammadiyah, SM Jadi Warisan Budaya

Lebih lanjut, Ganjar menyebut Pemuda Muhammadiyah memiliki anak-anak muda yang kreatif di setiap sektor pembangunan.

Ada yang ahli dalam bidang riset, pemain e-sport, hingga para konten kreator yang mewarnai industri kreatif Tanah Air.

Ganjar berharap, Pemuda Muhammadiyah semakin menunjukkan kontribusinya dalam memanfaatkan bonus demografi menuju Indonesia Emas tahun 2045 mendatang dengan program-program yang berdampak.

Baca juga : BRI Beri Dana Apresiasi ke 76 Paskibraka Nasional & 55 Tenaga Pendukung

“Kita harapkan program berikutnya betul-betul program yang bisa mengantisipasi kebutuhan anak-anak muda di masa depan,” harap Ganjar. 

Rapimwil PP Muhammadiyah Jateng diselenggarakan pada 25 hingga 27 Agustus 2023. Ganjar berharap Rapimwil-nya berjalan sukses dan melahirkan mufakat terbaik.

“Kita berharap minimal musyawarahnya bisa lancar, musyawarah mufakat harus dinomor satukan, bergeraknya mengantisipasi perubahan-perubahan yang sudah terjadi dengan cepat ini,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.