Dark/Light Mode

Becoming An Entrepreneur, Ini Saran Bos BNI Bagi Milenial dan Gen Z

Kamis, 31 Agustus 2023 14:24 WIB
Dirut BNI Royke Tumilaar (tengah) seusai memberikan kuliah singkatnya di Universitas Trisakti, Selasa (29/8). (Foto: Dok. BNI)
Dirut BNI Royke Tumilaar (tengah) seusai memberikan kuliah singkatnya di Universitas Trisakti, Selasa (29/8). (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Selain itu, Royke menegaskan bahwa kewirausahaan, khususnya UMKM, merupakan motor pertumbuhan ekonomi Nasional.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kontribusi UMKM terhadap GDP Nasional tercatat sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.574 triliun dari total jumlah UMKM di Indonesia yang tercatat sebanyak 65,46 juta.

Kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja juga sangat besar yaitu mencapai 96,9 persen dengan kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional yang tercatat sebesar 15,69 persen atau senilai Rp 339,2 triliun.

"Peluang untuk milenial dan gen Z menjadi entrepreneur sangat terbuka. Tentunya bukan hanya untuk memanfaatkan potensi pasar dalam negeri, tetapi juga pasar luar negeri yang saat ini semakin terintegrasi," katanya.

Baca juga : Mencuri Hati Dan Milenial Gen Z

Prinsip-prinsip Milenial dan Gen Z Ala Dirut BNI 

Royke menegaskan, ada beberapa prinsip dan panduan yang bisa diterapkan oleh entreperneur milenial dan gen Z.

Pertama, seorang entrepreneur milenial dan gen Z harus mampu mengatasi kegagalan dengan bijak serta harus bisa membangun tim yang kuat. Sebab seseorang tidak mungkin menjalankan semua aspek bisnisnya sendirian.

Kedua, seorang entrepreneur milenial dan gen Z juga harus punya mimpi yang besar dan tujuan yang jela, agar setiap proses tumbuh kembang dapat dijalani dengan penuh semangat.

Baca juga : Dorong Transisi Energi, Ganjar Berikan Kapal Listrik Bagi Nelayan

Ketiga, entrepreneur milenial dan gen Z mudah harus belajar tanpa henti.

Menurutnya, pendidikan formal hanya dasar, dan proses pembelajaran lanjutan dapat dijalankan melalui sharing pengalaman mentor, buku, internet.

Dengan terus belajar, maka seorang wirausaha akan bisa terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas. Sebab dua hal ini adalah kunci untuk membedakan diri dari kompetitor.

Keempat, entrepreneur milenial dan gen Z harus berani mengambil risiko. Untuk itu, pengusaha tidak boleh takut keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru.

Baca juga : Ganjar Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter Buat Milenial Dan Gen Z

"Jangan takut mencoba hal baru. Sebab potensi usaha rintisan untuk berkembang saat ini sangat terbuka lebar,” ujar Royke.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.