Dark/Light Mode

Axton Salim Bicara Keuangan Digital Di Forum ASEAN

Selasa, 5 September 2023 19:04 WIB
Direktur Indofood Axton Salim (kiri). (Foto: Ist)
Direktur Indofood Axton Salim (kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keuangan digital dapat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis ASEAN.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Indofood Axton Salim pada acara diskusi Envisioning ASEAN's Economic Future: Trends, Transformations and Triumphs yang digelar pada ASEAN Business and Investment Summit 2023 (ABIS). 

Diskusi tersebut dihadiri CEO Bakrie Group Anindya Bakrie, Global CEO Vinfast Le Thi Thu Thuy, Vice President Huawei Asia Pasific Zhengjun Zhang, Vice President of Government and Public Policy untuk Google Asia Pasific Michaela Browning. Acara dimoderatori oleh Chief executive Asia House Michael Lawrence.

Baca juga : Airlangga Bahas Ketahanan Pangan di Champion for ASEAN Economic Future

Menurut dia, hanya 52 persen penduduk Indonesia yang memiliki akses terhadap rekening keuangan. Sementara, secara rata-rata global adalah sekitar 74 persen.

Dia juga bicara soal bisnis UMKM yang terus berkembang. Terdapat 64,6 juta dunia usaha dengan 110 juta wirausaha dan pekerja, yang menyumbang 37 persen PDB Indonesia atau setara dengan 2,5 miliar dolar AS.

Sementara, pinjaman untuk UMKM berjumlah sekitar 19,9 persen dari total pinjaman. Di sisi lain, Indonesia memiliki 203 juta pengguna internet, 196 juta akses internet seluler, dan 94 persen penduduknya memiliki akses broadband.

Baca juga : TelkomGroup Antisipasi Adanya Serangan Siber Di KTT ASEAN

“Ini adalah fondasi yang cocok untuk pertumbuhan bank digital,” katanya.

Axton Salim yang juga merupakan salah satu direktur di Bank INA mengatakan, bank digital dapat membantu pasar unbanked. Oleh karena itu, pihaknya mencoba menghubungkan sisi tradisional dengan sisi digital. 

“Melalui teknologi, pendaftaran dan pembukaan rekening menjadi mudah dan pemegang rekening dapat menyetor dan menarik uang melalui ribuan agen perbankan, toko kelontong, dan minimarket di seluruh Indonesia,” katanya.

Baca juga : Sinar Mas Dukung Transformasi Digital Dalam ASEAN-BAC

“Inilah hal-hal yang dapat kami lakukan dengan memanfaatkan teknologi digital dan membantu mereka yang tidak mempunyai rekening bank; tanpa teknologi kita tidak akan mampu menjangkau banyak orang,” tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.