Dark/Light Mode

Kominfo Dorong Mahasiswa UPN Yogyakarta Jaga Keamanan Digital

Selasa, 15 Agustus 2023 16:09 WIB
Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Boni Pudjianto, saat memberikan pembekalan literasi digital dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara PKKBN UPN Veteran Yogyakarta Tahun 2023 di Yogyakarta, Sabtu (12/8). (Foto: Dok. Kominfo)
Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Boni Pudjianto, saat memberikan pembekalan literasi digital dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara PKKBN UPN Veteran Yogyakarta Tahun 2023 di Yogyakarta, Sabtu (12/8). (Foto: Dok. Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika mengajak mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta untuk ikut menjaga keamanan di dunia digital.

Hal ini sekaligus merupakan salah satu upaya mendorong peningkatan indeks literasi digital, khususnya pada pilar digital safety.

Baca juga : Kominfo Fasilitasi Aksara Nusantara Di Perangkat Seluler

Menurut Indeks Literasi Digital Nasional kita di tahun 2022, pilar digital safety ini memiliki indeks terendah dibandingkan pilar lain, yaitu 3,12.

"Mari adik-adik mahasiswa ini menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan di dunia digital. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga masyarakat,” ujar Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Boni Pudjianto, di acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN Veteran Yogyakarta Tahun 2023 di Yogyakarta, Sabtu (12/8).

Baca juga : Kemenkominfo Dorong SDM dan ASN Nusa Tenggara Timur Makin Cakap Digital

Boni mengatakan, saat ini masih banyak kejahatan yang terjadi di dunia digital. Tidak hanya pada sisi konten negatif, namun kejahatan digital modusnya pun semakin beragam.

“Kejahatan dunia digital ini sekarang marak dengan berbagai teknik. Dari yang sifatnya fisik, scamming bahkan social engineering. Jadi penting untuk kita berhati-hati,” ujarnya.

Baca juga : Ganjar Dorong Kehadiran Event Kreatif Di Kecamatan Selo

Ia menjelaskan, setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan para mahasiswa untuk meningkatkan keamanan digital. Pertama, mereka perlu mengamankan perangkat digital yang digunakan.

“Yang paling sederhana adalah saat login ke perangkat digital yang adik-adik gunakan. Penting untuk menjaga akun secara rutin, mulai dari mengubah password secara rutin dan menghindari menggunakan satu password untuk semua akun,” jelas Boni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.