Dark/Light Mode

Bank Mandiri Incar Investasi Pembiayaan Hijau Di Event AIPF 2023

Rabu, 6 September 2023 20:31 WIB
Bank Mandiri mengincar investasi pembiayaan hijau di event AIPF 2023. (Foto: Dok Bank Mandiri)
Bank Mandiri mengincar investasi pembiayaan hijau di event AIPF 2023. (Foto: Dok Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membidik kerja sama di bidang keuangan berkelanjutan (sustainable financing). 

Selain mendorong transisi ekonomi hijau, tangguh dan inklusif, penerapan keuangan berkelanjutan ini juga berperan penting dalam memerangi perubahan iklim dalam gelaran ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023.

Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir menilai, langkah Mandiri tersebut sejalan dengan salah satu agenda utama dalam AIPF 2023.

Baca juga : Pandawa Ganjar Beri Pembekalan Penanganan Karhutla Di Kalimantan

Agenda tersebut adalah infrastruktur hijau dan rantai pasokan yang berketahanan.

Sementara dua agenda utama lainnya adalah transformasi digital dan ekonomi kreatif, berkelanjutan, serta pembiayaan inovatif.

"Pembicaraan para pemimpin dalam AIPF, diskusi panel, dan pertemuan bisnis, fokus pada tiga bidang penting tersebut," jelas Erick dalam keterangan resmi, Rabu (6/9).

Baca juga : Biofarma Group Bakal Pamerkan Inovasi Transformasi Digital Di AIPF 2023

Wakil Direktur Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan, Bank Mandiri sebagai market leader green financing di industri perbankan, Bank Mandiri secara konsisten mengembangkan produk keuangan berkelanjutan, baik dari sisi pembiayaan hijau (green financing) maupun dari sisi pendanaan (sustainable funding). 

“Penyaluran green financing ini sekaligus merupakan bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap pemerintah menuju ekonomi rendah karbon, di mana penerapannya mengedepankan prinsip-prinsip keuangan  berkelanjutan atau Environment, Social and Governance (ESG),” tuturnya.

Alexandra menjelaskan, hingga semester I-2023, penyaluran portofolio berkelanjutan Bank Mandiri mencapai Rp 242 triliun.

Baca juga : Dukung AIPF 2023, Bank Mandiri Genjot Pembiayaan Hijau

Bila dirinci, pembiayaan untuk kategori hijau mencapai Rp 115 triliun, sementara untuk kategori sosial mencapai Rp 127 triliun. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.