Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bank Mandiri Kantongi 5 Penghargaan Di Southeast Asia Awards 2023

Kamis, 7 September 2023 22:20 WIB
Bank Mandiri Kantongi 5 Penghargaan Di Southeast Asia Awards 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukses meraih kinerja positif di tujuh bulan pertama tahun 2023, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk diganjar lima apresiasi pada ajang Alpha Southeast Asia Awards 2023 yang digelar di Singapura, Kamis (7/9).

Bank Mandiri dinobatkan sebagai yang terbaik di Indonesia dalam kategori Best Foreign Exchange Bank for Corporates & Financial Institutions, Best Foreign Exchange Bank for Hedging Requirements, Best Cash Management Bank, Best Digital Bank, dan Best Wealth Management Bank. Pengakuan ini berdasarkan penilaian atas kinerja Bank Mandiri pada masing-masing kategori dalam satu tahun terakhir.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Eka Fitria mengatakan, apresiasi ini merupakan pengakuan atas kerja keras Bank Mandiri dalam melakukan transformasi digital guna memenuhi kebutuhan transaksional nasabah yang semakin kompleks.

“Dengan luasnya sebaran sektor yang menjadi bidang usaha nasabah kami, Bank Mandiri akan terus mengembangkan diri agar dapat beradaptasi dengan berbagai perkembangan bisnis terkini sehingga dapat memberikan solusi perbankan terbaik dan tumbuh bersama nasabah,” kata Eka, Kamis (7/9).

Dinobatkannya Bank Mandiri sebagai Best Foreign Exchange Bank for Corporates & Financial Institutions, berkat inovasi dan perkembangan produk serta solusi transaksi finansial nasabah secara berkelanjutan. Dengan dukungan digital, nasabah korporasi maupun institusi keuangan dapat memaksimalkan efisiensi dalam proses transaksi jual beli valuta asing (valas) di Bank Mandiri.

Baca juga : Ganda Campuran Indonesia Habis Di China Open 2023

Selanjutnya, Best Cash Management Bank in Indonesia didukung antara lain oleh upaya transformasi digital perseroan dalam memberikan kenyamanan bertransaksi bagi Nasabah Wholesale melalui super platform Kopra by Mandiri. Hingga Juli 2023, terdapat 728 ribu nasabah yang telah merasakan solusi keuangan terbaik dari layanan Cash Management Bank Mandiri, atau naik 24,10 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Eka menyebut frekuensi transaksi Cash Management Bank Mandiri berhasil meningkat 15,04 persen menjadi 605,16 juta transaksi per Juli 2023, dengan volume tumbuh 10,93 persen menjadi Rp 10.673 triliun. Transaksi Cash Management ini mencakup pada layanan Kopra Cash Management, Kopra Cash Lite, Kopra Host to Host Payment, Kopra Smart Account, Mandiri Bill Collection, Mandiri e-Tax, dan Mandiri Auto Debit.

“Bank Mandiri secara berkelanjutan melakukan pengembangan fitur-fitur untuk dapat mempermudah proses pembayaran, penerimaan, serta pengelolaan likuiditas nasabah Cash Management,” kata Eka.

Di tahun 2023, beberapa fitur Kopra Cash Management yang ditawarkan ke nasabah sudah dapat digunakan di luar negeri dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan nasabah yang berada di luar negeri, agar dapat tetap melakukan transaksi bisnis dengan mudah dan cepat.

Best Digital Bank in Indonesia salah satunya disebabkan oleh upaya Bank Mandiri dalam memperluas ekosistem digital khususnya pada Financial Super App Livin’ by Mandiri. Saat ini, tercatat hampir 3.000 merchant biller terkoneksi dengan Livin’ by Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga : Danone Indonesia Raih 2 Penghargaan Halal Award LPPOM MUI 2023

Bahkan jumlah fitur yang ada di Livin’ by Mandiri yang mencapai lebih dari 70 fitur baru atau dengan rata-rata dua hingga 3 fitur baru perbulan, tertinggi dibanding bank digital maupun konvensional lainnya di Indonesia.

Di akhir Juli 2023 Livin’ by Mandiri telah diunduh sebanyak 29,7 juta kali dengan pengguna aktif mencapai 19,8 juta. Tidak hanya itu, jumlah transaksi di Livin’ by Mandiri pun melesat 52 persen yoy menembus 1,3 miliar dengan pertumbuhan jumlah volume transaksi sebesar 36 persen yoy mencapai Rp 1.700 triliun.

Sedangkan penghargaan Best Wealth Management Bank in Indonesia tak terlepas dari upaya Bank Mandiri terus meningkatkan solusi kebutuhan finansial bagi hampir 60.000 nasabah dari segmen prioritas dan private per Juli 2023. Hal ini juga tercermin dari pertumbuhan total dana kelolaan nasabah wealth management mencapai 10 persen yoy.

Bank berlogo pita emas ini optimis kinerja di bisnis wealth management akan terus tumbuh hingga akhir tahun dengan harapan jumlah nasabah prioritas dan private dapat tumbuh 5 persen yoy dan dana kelolaannya meningkat sekitar lebih dari 10 persen yoy.

“Sebagai agen pembangunan, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus memberikan solusi perbankan bagi seluruh golongan nasabah. Harapannya, layanan terbaik tersebut bisa terus berkontribusi mendukung pertumbuhan perekonomian nasional,” jelas Eka.

Baca juga : Bank Mandiri Incar Investasi Pembiayaan Hijau Di Event AIPF 2023

Senior Vice President (SVP) Treasury Bank Mandiri, Ari Rizaldi menambahkan, penobatan Best Foreign Exchange Bank for Hedging Requirements lantaran perseroan memiliki produk hedging yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Produk ini meliputi FX Forward, FX Par Forward, FX Swap, FX Option, Mandiri Call Spread, Interest Rate Swap, dan Cross Currency Swap.

Layanan transaksi jual beli valas secara daring dapat dinikmati melalui layanan digital Kopra by Mandiri.

“Transformasi digital ini juga memungkinkan proses dealing kurs secara end-to-end dari upload dokumen underlying, deal kurs jual beli, dan melakukan penyelesaian transaksi (settlement) tanpa harus menghubungi dealer maupun datang cabang,” tutur Ari.

Dari layanan tersebut, Bank Mandiri mencatat pertumbuhan volume transaksi foreign exchange nasabah sebesar 12,44 persen yoy per Juli 2023. Seiring dengan itu, pertumbuhan volume transaksi foreign exchange nasabah melalui Kopra melonjak 112 persen yoy di tujuh bulan pertama 2023. DWI

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.