Dark/Light Mode

Seperti Mobil Eropa, Mitsubishi XForce Dibekali Transmisi CVT Pintar

Jumat, 8 September 2023 21:30 WIB
Media First Drive Mitsubishi XForce di Karawang, Rabu (6/9). (Foto: Ist)
Media First Drive Mitsubishi XForce di Karawang, Rabu (6/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Product Appeal Evaluation Department Mitsubishi Motors, Masahiro Tamura membongkar, teknologi dan keunggulan transmisi CVT Mitsubishi XForce.

Menurut dia, meskipun menggunakan transmisi CVT yang sama dengan XPander, namun CVT XForce responnya lebih baik. Menurutnya, transmisi CVT Mitsubishi XForce memiliki tune atau setting yang berbeda.

“Fiturnya lebih canggih,” ujar saat berbincang dengan media di sela-sela first drive Mitsubishi XForce di Bridgestone Proving Ground di Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/9).

Baca juga : Bantingan Suspensi Mitsubishi XForce Nyaman Di Segala Medan

Menurut dia, transmisi CVT XForce bisa berubah secara otomatis sesuai dengan jalan yang dilewati oleh mobil. Misalnya, saat mobil sedang menanjak, maka tenaga yang akan dihasilkan akan 25 persen lebih besar tanpa harus banyak menginjak pedal gas.

“Pengemudi jadi tak perlu dalam-dalam menginjak pedal gas,” ujarnya.

Sementara, ketika melewati jalan menurun, secara otomatis transmisi CVT XForce akan mengurangi tenaga hingga 10 persen untuk memberikan engine brake.

Baca juga : Resmi Meluncur, Mitsubishi XForce Dibanderol Mulai Rp 379,9 Juta

Peningkatan pada transmisi ini dinilai mampu memberikan keselamatan dan kenyamanan bagi pengendara ketika melewati turunan maupun tanjakan.

Kata Tamura, fungsi seperti ini biasanya ada di kendaraan merek Eropa yang mewah. Fungsi ini tidak umum ada di mobil-mobil Asia.

“Tapi, kita sering menemukan kondisi seperti ini di tempat pengetesan kita di daerah pegunungan di Ciater," kata Tamura.

Baca juga : Temui Menperin, Mitsubishi Siap Tambah Investasi Rp 5,7 T

Tamura menambahkan, tujuan dari adanya fungsi tersebut tidak hanya memberikan efisiensi bahan bakar, tapi keamanan juga bisa didapat.

Sementara, Pembalap Mitsubishi Rifat Sungkar mengatakan, keunggulan transmisi XForce juga bisa dirasakan ketika pengemudi hendak melakukan akselerasi. Saat berkendara santai, perpindahan gigi akan terasa sangat halus layaknya karakter transmisi CVT.

Namun, kata dia, ketika pedal diinjak dalam, penyaluran tenaga akan terasa seperti transmisi delapan percepatan. Selain itu, XForce juga dibekali empat mode berkendara yang terdiri dari Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.