Dark/Light Mode

Bantingan Suspensi Mitsubishi XForce Nyaman Di Segala Medan

Rabu, 6 September 2023 23:20 WIB
Media first drive Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)
Media first drive Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar media first drive mobil terbarunya, XForce. Media diberikan kesempatan mencoba XForce di segala medan jalan. 

Media first drive XForce digelar di Bridgestone Proving Ground, Kawasan Industri Surya Cipta Kav. 8 - 13, Ciampel, Kutanegara, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kemarin.

Jurnalis Rakyat Merdeka menjadi salah satu yang diundang dalam acara ini bersama 17 media nasional lainnya. 

Sebelum diberikan kesempatan mengetes XForce, media diberikan penjelasan oleh pihak Mitsubishi. Bahkan, Mitsubishi menghadirkan langsung Product Appeal Evaluation Departemen Mitsubishi Motors, Masahiro Tamura dari Jepang. Tamura San merupakan orang turut menguji langsung XForce sebelum di luncurkan.

Dalam paparan menjelaskan semua fitur-fitur yang dimiliki XForce. Salah satunya mengenai fitur empat mode berkendara, yaitu mode Normal, Wet, Mud, dan Gravel.

Baca juga : Komjak Kawal Penanganan Kasus Korupsi Akuisisi Saham Di Kejati Sumsel

Empat mode itu digunakan untuk tipe jalan yang berbeda. Namun, kata dia, mode berkendara yang tersemat bukanlah seperti mode 4x4 pada Pajero Sport.

“Memilih drive mode maka akan ada peningkatan fungsi dari kendaraan ini, agar bisa berjalan lebih baik lagi, daripada normal,” ujarnya.


Selain itu, Tamura juga menyoroti anggapan bantingan suspensi XForce terlalu keras saat diujicoba di GIIAS. Padahal, menurut dia, kinerja suspensinya sudah disetting senyaman mungkin menyesuaikan kondisi jalan dan karakter berkendara orang Indonesia.

Sebelum menjajal, pihak Mitsubishi memberikan penjelasan mengenai tempat uji dan apa aja yang harus dilakukan media. Tak butuh waktu lama, media langsung diajak menjajalnya. 

Namun, sebelum membawa sendiri-sendiri, para media diajak mencoba XForce dengan disopiri oleh Tamura dan pembalap nasional Rifat Sungkar.

Baca juga : Ratusan Pebulutangkis Dunia Ikut 2 Turnamen Di Medan

Rakyat Merdeka mendapat kesempatan pertama dengan disopiri Rifat. Rifat memberikan penjelasan mengenai fitur mode berkendaraan. Selain itu, dia juga mengajak mencoba jalanan aspal, beton dan bergelombang untuk mengetahui kemampuan suspensi XForce yang banyak sebut keras.


Rakyat Merdeka merasakan suspensi XForce nyaman. Bahkan di jalan bergelombang tetap nyaman. Padahal kecepatannya mencapai 60-70 km/jam.

Untuk tarikannya juga sangat responsif. Untuk jalan lurusnya, jangan ditanya. Untuk 0-100 km/jam hanya butuh hitungan belasan detik.

Rifat juga menjelaskan manfaat penggunaan mode Wet. Menurut dia, penggunaan mode ini sangat bermanfaat saat trek basah dan menjaga mobil tetap stabil. Begitu juga saat melewati trek slalom. 

Setelah itu, media diberikan kesempatan menguji sendiri-sendiri. Hasil uji coba Rakyat Merdeka mobil ini bantingan suspensinua sangat nyaman untuk melewati berbagai medan jalan di Indonesia.

Baca juga : SeaBank Bayar Instan Jadi Fitur Baru Andalan Di Shopee

Mitsubishi juga sudah membekali  XForce fitur keselamatan seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS). Ada juga Active Stability Control (ASC) yang mampu membaca kecepatan roda jika ada gejala selip. Rem akan segera memberi bantuan di roda yang sedang selip dan dibatasi output mesinnya ke roda.

Selanjutnya fitur Hill Start Assist (HSA) yang bekerja untuk mencegah kendaraan merosot, sehingga pengemudi merasa aman dan nyaman saat berada di jalan menanjak. Blind Spot Warning (BSW), sebuah sensor radar yang berfungsi memperingatkan pengemudi ketika ada kendaraan yang mendekat.


Tak hanya itu, Mitsubishi juga membekali fitur Rear Cross Traffic Allert (RCTA) yang membantu memberikan informasi akurat dan visibilitas belakang bagi pengemudi. Kemudian Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang dapat memonitor tekanan angin ban mobil. 

Saat ini, Mitsubishi XForce ditawarkan dalam dua tipe, yakni Ultimate CVT dengan harga Rp 412,9 juta dan Mitsubishi Exceed CVT Rp 379,9 juta OTR DKI Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.