Dark/Light Mode

KTT ASEAN Hasilkan 93 Proyek Kerja Sama

Indonesia Ketiban Berkah

Minggu, 10 September 2023 06:45 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan paparan pada konferensi pers penutupan KTT ke-43 ASEAN 2023 di JCC, Jakarta, Kamis (7/9/2023). (ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww)
Presiden Joko Widodo memberikan paparan pada konferensi pers penutupan KTT ke-43 ASEAN 2023 di JCC, Jakarta, Kamis (7/9/2023). (ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia ketiban berkah seiring dengan digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023. Berbagai kesepakatan kerja sama dan manfaat ekonomi diraih Indonesia dari penyelenggaraan konferensi tersebut.

Presiden Jokowi mengatakan, kesepakatan yang bisa memberi­kan keuntungan ekonomi bagi Indonesia, antara lain keber­lanjutan ekosistem kendaraan listrik, sistem pembayaran lintas negara hingga penggunaan mata uang lokal.

Baca juga : KTT ASEAN Hasilkan 2 Dokumen Penting Bidang Ketenagakerjaan

“Ada banyak keputusan yang sudah dihasilkan. Termasuk yang sudah dideklarasikan, East Asia Summit (EAS) Leaders’ Joint Statement mengenai epi­centrum of growth,” kata Jokowi di Jakarta, Kamis (7/9).

Jokowi juga pamer penyeleng­garaan ASEAN Indo-Pasifik Forum (AIPF) yang sukses menghasilkan 93 proyek senilai 38,2 miliar dolar AS.

Baca juga : KTT ASEAN, Ini Ruas Jalan Yang Dialihkan Di Ibu Kota Sampai Pukul 19.00 WIB

“Ini konkret menghasilkan 93 proyek senilai 38,2 miliar dolar AS. Sekali lagi, ini kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat,” kata Jokowi.

AIPF merupakan acara unggulan (flagship event) KTT ASEAN. Melalui AIPF, Indonesia ingin mengkapitalisasi pasar potensial, sekaligus peluang investasi yang menjanjikan dengan populasi rakyat negara anggota ASEAN yang mencapai 680 juta jiwa.

Baca juga : PIS Dan PETCO Teken Kerja Sama Penyewaan Kapal

Dukungan dan kontribusi negara serta mitra ASEAN dalam AIPF menghasilkan 93 proyek kerja sama senilai 38,2 miliar dolar AS (sekitar Rp 583,2 triliun), dan 73 proyek poten­sial senilai 17,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 271,8 triliun).

Selain itu, sambung Jokowi, semua kesepakatan pada KTT ASEAN akan menyentuh lang­sung ke kepentingan masyarakat di seluruh kawasan, termasuk Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.